Pengaruh Penerapan Metode Kartu Arisan Terhadap Motivasi Siswa Kelas 8 dalam Mengikuti Proses Pembelajaran MAPEL PAI di UPTD SMP 13 Tegal

Amini, Putri Marinda (2021) Pengaruh Penerapan Metode Kartu Arisan Terhadap Motivasi Siswa Kelas 8 dalam Mengikuti Proses Pembelajaran MAPEL PAI di UPTD SMP 13 Tegal. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2117014_Bab1&5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2117014_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2117014_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Menyampaikan materi pelajaran adalah hal yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Akan tetapi, jika tidak disampaikan dengan metode pembelajaran yang tepat, materi tersebut tidak akan dapat dipahami dengan baik oleh peserta didik. Metode pembelajaran adalah cara yang ditempuh guru dalam menyampaikan materi pelajaran kepada siswa secara tepat. Metode pembelajaran kartu arisan adalah salah satu metode pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran , karena dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa. Berdasarkan uraian di atas, maka peneliti melakukan penelitian, “ sejauh manakah pengaruh pelaksanaan metode kartu arisan terhadap motivasi siswa kelas 8 dalam mengikuti pembelajaran MAPEL PAI di UPTD SMP 13 Tegal ?” Dengan demikian tujuan dari kegiatan penelitian ini adalah ingin mengetahui sejauh mana berpengaruhnya metode pembelajaran dalam proses pembelajaran sehingga diharapkan guru dapat memilih metode pembelajaran secara tepat sesuai dengan tujuan dan karakteristik mata pelajarannya. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian expost facto, kemudian pendekatan yang peneliti lakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Adapun yang menjadi responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas 8 UPTD SMP 13 Tegal, sebanyak 35 siswa dengan teknik simple random sampling. Dari hasil perhitungan statistik deskriptif menggunakan penghitungan persentase pada instrumen variabel X diperoleh hasil 86% dan variabel Y diperoleh 85%, hal ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran kartu arisan sangat berpengaruh terhadap motivasi siswa kelas 8 UPTD SMP 13 Tegal saat mengikuti pembelajaran PAI. Kemudian dari hasil uji korelasi product moment, nilai rhitung yang dihasilkan sebesar 0,484 dan taraf signifikansi sebesar 0,023 ( < 0,05 ) sehingga dapat diartikan terdapat pengaruh yang signifikan antara pelaksanaan metode pembelajaran kartu arisan dengan tumbuhnya motivasi siswa kelas 8 UPTD SMP 13 Tegal saat mengikut pembelajaran PAI. Dengan demikian, dari hasil perhitungan statistik, menerangkan hasil penelitian dalam skripsi ini adalah pelaksanaan metode pembelajaran kartu arisan sangat berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi siswa kelas 8 UPTD SMP 13 Tegal saat mengikuti pembelajaran PAI

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNurkhamidi, ArisUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode kartu arisan, motivasi belajar siswa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 24 Dec 2025 06:56
Last Modified: 24 Dec 2025 06:56
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/17155

Actions (login required)

View Item View Item