Supriyanita, Supriyanita (2021) Manajemen Peserta Didik di SDN 09 Desa Kabunan Kabupaten Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
2117011_Bab1&5.pdf Download (2MB) |
|
|
Text
2117011_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
|
Text
2117011_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Manajemen peserta didik atau puppil personel administration adalah usaha pengaturan terhadap peserta didik melalui dari peserta didik itu masuk sampai dengan mereka lulus sekolah. Manajemen peserta didik memiliki peran strategis dari sekian banyak manajemen sekolah/madrasah, karena semua aktifitas manajemen pada sekolah atau madrasah baik yang berkenaan dengan manajemen kurikulum, manajemen sarana dan prasarana, manajemen keuangan dan lainnya, akan bermuara atau diarahkan agar peserta didik mendapatkan layanan yang baik. Di samping itu peserta didik dapat memiliki hak yang sama untuk mendapatkan layanan pendidikan. Adapun rumusan masalahnya, Bagaimana peleksanaan manajemen peserta didik di SDN 09 Desa Kabunan dan apa saja faktor penghambat dan faktor pendudukung pelaksanaan manajemen peserta didik di SDN 09 Desa Kabunan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis gambaran manajemen peserta didik di SDN 09 Desa Kabunan dan apa saja faktor pendukung dan penghambat yang ada dalam pelaksanakannya. Peneltian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara, dokumentassi dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Sebelum pihak SDN 09 Desa Kabunan melakukan penerimaan peserta didik baru kepala sekolah, gurugutu serta staf karyawan terlebih dahulu membentuk panitia peserta didik baru dan menentukan jumlah peserta didik yang akan diterima serta menentukan persyaratan apa saja yang harus dipenuhi ketika ingin mendaftar sebagai peserta didik baru di SDN 09 Desa Kabunan kemudian menyusunan panitia penerimaan peserta didik baru yang baik dan tepat memerlukan informasi yang lengkap dan jelas tentang pekerjaan atau tugas-tugas yang harus dilakukan dalam penerimaan peserta didik baru. Setelah semua persyaratan terpenuhi sekolah melakukan analisis data siswa yang di dasarkan pada urutan usia. Jika usia 7 thn atau lebih wajib diterima, sedangkan usia 6 tahun atau lebih dapat diterima. Jika smua itu sudah terpenuhi maka calon siswa yang bersangkutan dinyatakan diterima dengan surat keputusan kepala sekolah bahwa siswa-siswa yang memenuhi persyaratan ix diterima di SDN 09 Desa Kabunan. Calon siswa yang dinyatakan diterima diumumkan oleh sekolah dalam bentuk lembar pengumuman, setelah diterima sebagai peerta didik baru di sekolah kemudian kepala sekolah dibantu oleh guru kelas 1 melakukan orientasi selama 2 hari. Kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler yang ada di SDN 09 Desa Kabunan yaitu: pramuka, PMR dan bola dengan mengembangkan bakat yang dimiliki oleh setiap peserta didik. Melalui ekstrakurikuler yang ada di sekolah serta dilakukan Bimbingan dan Konseling dengan wali kelas masing-masing dalam mnegatasi siswa siswi yang bermasalah dilingkungan sekolah. Salah satu faktor pendukung didalam pelaksaanaan manajemen peserta didik di SDN 09 Desa Kabunan, yaitu sumber daya manusia, serta sarana dan prasarana atau failitas sekolah yang sudah lengkap sehingga dapat mendukung dan mempermudah dalam melaksanakan manajemen peserta didik di SDN 09 Kabunan. Misalnya telah tersedianya ruang perpustakaan sehingga dapat mempermudah dan memfasilitasi anak dalam belajar atau tersedianya bahan sumber belajar. Serta adapun faktor penghambat dalam pelaksanaan manajemen peserta didik yaitu letak atau lokasi SDN 09 Desa Kabunan kurang atau tidak strategis karena masih tergolong sekolah baru sehingga sulit di ketahui orang awam atau orang yang bukan dari lingkungan sekitar,sehinggaa menjadikkan pelaksanaan manajemennya belum optima
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Manajemen Peserta Didik | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
| Depositing User: | Akhiroh Ghufron | ||||||||
| Date Deposited: | 24 Dec 2025 07:12 | ||||||||
| Last Modified: | 24 Dec 2025 07:12 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/17156 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
