Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran PAI dan budi pekerti terhadap kecerdasan interpersonal siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bodeh

Janah, Nur (2020) Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran PAI dan budi pekerti terhadap kecerdasan interpersonal siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bodeh. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Bab I - V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Kecerdasan interpersonal merupakan salah satu kecerdasan penting untuk ditingkatkan karena mempengaruhi kualitas pencapaian hasil belajar siswa. Namun berdasarkan hasil evaluasi awal, beberapa siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Bodeh masih memiliki kecerdasan interpersonal yang kurang baik sehingga diperlukan model pembelajaran yang menciptakan suasana interaktif agar dapat mendukung pengoptimalan kecerdasan interpersonal yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Time Achievement Division) pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) gambaran tingkat kecerdasan interpersonal siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bodeh sebelum penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti dan 2) ada tidaknya perbedaan kecerdasan interpersonal siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bodeh yang diakibatkan oleh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasy experimental design) dan bentuk desain nonequivalent control group design. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD sedangkan variabel terikatnya adalah kecerdasan interpersonal. Jumlah populasi penelitian ini adalah 282 siswa dengan sampel kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol dengan jumlah 30 siswa perkelasnya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling dengan teknik pengumpulan datanya yaitu angket dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisa deskriptif dan analisa inferensial dengan uji independent sampel T test menggunakan bantuan program SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) berdasarkan hasil analisis deskriptif diketahui bahwa nilai mean kelas eksperimen (60, 83) berada pada interval 53,812 ≤ X < 67,848 dan nilai mean kelas kontrol (60, 73) berada pada interval 54,357≤ X< 67,103 sehingga kecerdasan interpersonal siswa kedua kelas tersebut masuk dalam kategori sedang. Maka dapat disimpulkan bahwa tingkat kecerdasan interpersonal siswa pada kelas VIII SMP Negeri 1 Bodeh sebelum penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti adalah dalam kategori sedang. 2) berdasarkan hasil analisis independent sampel T test diperoleh nilai Sig = 0,000 lebih kecil dari 0,05 sehingga Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan kecerdasan interpersonal siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bodeh yang diakibatkan oleh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNurkhamidi, ArisUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: STAD (Student Time Achievement Division), Interpersonal, PAI
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khusnu Asirah
Date Deposited: 28 Dec 2021 06:24
Last Modified: 28 Dec 2021 06:24
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1726

Actions (login required)

View Item View Item