Tantowi, Farchan Jaohari (2020) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Pemahaman Dan Pengamalan Wudhu Siswa SMP Negeri 2 Kajen. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Bab I - V.pdf Download (1MB) |
|
Text
Full Teks.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Dalam proses belajar mengajar dibutuhkan strategi dalam meningkatkan kinerja guru. Karena gurulah yang menjadi subjek dalam melaksanakan strategi belajar mengajar. Di salah satu sekolah yaitu di SMP Negeri 2 Kajen yang mayoritas warga sekolahnya beragama Islam dan sudah melaksanakan pembelajaran PAI yang berbasis pembentukkan karakter, apakah para siswanya memiliki pemahaman dan pengamalan yang baik terhadap dalam berwudhu, dan bagaimana bentuk pelaksanaannya di sekolah tersebut, apakah hampir sama dengan sekolah-sekolah yang lainnya atau tidak. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk mengadakan penelitian di sekolah tersebut. Permasalahan yang akan dikaji yaitu: bagaimana strategi guru PAI dalam meningkatkan pemahaman dan pengamalan wudhu siswa dan apa saja faktor pendukung dan penghambat bagi guru PAI dalam meningkatkan pemahaman dan pengamalan wudhu siswa di SMP Negeri 2 Kajen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis pendekatan ini adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru PAI dan faktor pendukung dan penghambat bagi guru PAI dalam meningkatkan pemahaman dan pengamalan wudhu para siswa kelas VII memperoleh beberapa data dengan observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti. Beberapa strategi dan faktor pendukung dan penghambat tersebut, yaitu sebagai berikut: strategi pembelajaran yang dipakai guru dalam kegiatan belajar mengajar yaitu guru menggunakan strategi pembelajaran langsung/ekspositori. Strategi Pembelajaran yang dilakukan guru dalam meningkatkan pemahaman dan pengamalan wudhu yakni sesuai kaidah Kurikulum 2013, tayangan LCD tentang wudhu, menghafalkan syarat, rukun wudhu dengan cara antar teman/tutor sebaya, memberikan tugas, praktik wudhu dan pengulangan atau remidian teaching. Sedangkan faktor pendukungnya adalah alat-alat pembelajaran sudah lengkap. Adanya bimbingan, arahan, dan pemantauan yang berkesinambungan dari guru terhadap pendidikan wudhu baik dari segi teori maupun praktisnya. Faktor penghambatnya siswa merasa susah membedakan dalam menghafal tata cara baik yang menyangkut syarat, rukun wudhu. Karna dari berbagai macam organisasi Islam sehingga dalam pembelajarannya ada sesuatu yang berbeda sesuai yang diajarkan di masing-masing lembaga dakwahnya/TPQ nya masing-masing. Adanya pemahaman dan pengalaman para siswa kelas VII yang berbeda-beda terhadap pendidikan wudhu yang mereka peroleh.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Guru, Pendidikan Wudhu | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Nuzulul Nuzulul | ||||||||
Date Deposited: | 30 Jun 2021 09:06 | ||||||||
Last Modified: | 30 Jun 2021 09:06 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1730 |
Actions (login required)
View Item |