Asma, Lina Choerotul (2019) Pelaksanaan Bimbingan Keagamaan Melalui Teknik Modeling Dalam Membentuk Kedisiplinan Santri Pondok Pesantren Al-Fajar Babakan Lebaksiu Tegal. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
BAB I-V.pdf Download (2MB) |
|
Text
FULL TEKS.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Kata Kunci: Bimbingan Keagamaan, Teknik Modeling, Kedisiplinan. Santri sering melakukan beberapa pelanggaran terhadap peraturan yang dibuat oleh para pengurus, beberapa santri yang melanggar dalam setiap kegiatan pasti ada, seperti contoh dalam kegiatan shalat berjamaah, pelanggaran tersebut seperti tidak mengikuti shalat berjamaah, dan terlambat hadir dalam kegiatan shalat berjamaah. Santri Pondok Pesantren Al-Fajar mempunyai jiwa kedisiplinan yang masih rendah dan mereka masih membutuhkan sebuah arahan dari seorang pemimpin, ketika santri tidak diberi arahan oleh pemimpin mereka akan menyepelekan kedisiplinanya dalam menjalankan peraturan yang sudah ditetapkan oleh pengurus pondok. Bimbingan keagamaan sebuah proses pemberian bantuan kepada seseorang atau kelompok yang membutuhkan bimbingan kearah yang bermanfaat, proses bimbingan sebagaimana bimbingan yang lainya tetap dalam seluruh seginya atau kelompok dibantu dan dibimbing agar mampu hidup selaras dengan ketentuan dan petunjuk Allah. Teknik modeling yang digunakan dalam bimbingan melalui modeling langsung (live modeling) Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1)Bagaimana kedisiplinan santri Pondok Pesantren Al-Fajar? 2) Bagaimana Pelaksanaan bimbingan keagamaan melalui teknik modeling dalam membentuk kedisiplinan santri Pondok Pesantren Al-Fajar?. Penelitian ini bertujuan untuk membentuk kedisiplinan santri serta lebih memahami kedisiplinan dan selalu membiasakan diri untuk disiplin Penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan ilmu baru pada jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan bimbingan keagamaan melalui teknik modeling memberi pengaruh positif dalam pembentukan kedisiplinan di Pondok Pesantren Al-Fajar ditandai dengan perilaku santri yang mencontoh dan mengamati. Modeling yang digunakan dengan menggunakan live modeling dengan pemberikan materi melalui perbuatan. Pelaksanaan bimbingan keagamaan melalui teknik modeling secara efektif dengan menggunakan beberapa tahap: Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi. a) Materi yang ada dalam bimbingan keagamaaan meliputi : aqidah, akhlak, keisalaman. b) metodenya dengan menggunakan Live Modeling.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Islam - Disiplin Sekolah, Pendidikan Islam - Pendidikan Non Formal - Pesantren, Teknik Modeling | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.341 Pondok Pesantren 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 371.4 Student Guidance and Counseling/Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam | ||||||||
Depositing User: | Nora Septiani | ||||||||
Date Deposited: | 15 Aug 2022 04:32 | ||||||||
Last Modified: | 15 Aug 2022 04:32 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1770 |
Actions (login required)
View Item |