Ariska, Nia (2020) Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Berdasarkan Kurikulum 2013 Kelas Vii di MTs Nurul Islam Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Bab I - V.pdf Download (5MB) |
|
Text
Full Teks.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Evaluasi atau penilaian merupakan salah satu komponen pembelajaran yang harus dilaksanakan oleh setiap guru, untuk mengetahui kemajuan, perkembangan dan pencapaian hasil belajar siswa. Di MTs Nurul Islam Pekalongan kelas VII sudah menerapkan kurikulum 2013 dengan menekankan penilaian autentik. Akan tetapi, pelaksanaan evaluasi yang dilaksanakan guru bahasa Arab dikatakan masih belum maksimal, Karena banyak faktor yang menjadi kendala. Rumusan masalah yang diangkat yaitu: 1). Bagaimana pelaksanaan evaluasi pembelajaran bahasa Arab berdasarkan kurikulum 2013 kelas VII di MTs Nurul Islam Pekalongan, 2). Apa faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan evaluasi pembelajaran bahasa Arab berdasarkan kurikulum 2013 kelas VII di MTs Nurul Islam Pekalongan. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah data Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan, pelaksanaan evaluasi pembelajaran bahasa Arab berdasarkan kurikulum 2013 kelas VII di MTs Nurul Islam Pekalongan sudah cukup baik, namun belum maksimal, karena pelaksanaan evaluasi pembelajaran bahasa Arab yaitu ketika proses pembelajaran dan akhir pembelajaran dalam kurun waktu satu semester. Untuk evaluasi pembelajaran bahasa Arab kelas VII di MTs Nurul Islam Pekalongan yaitu berdasarkan kurikulum 2013, dengan menekankan penilaian autentik yang mencakup tiga ranah penilaian seperti aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan. Pada aspek pengetahuan siswa dinilai menggunakan teknik penilaian tes tertulis, lisan dan penugasan. Pada penilaian sikap guru menggunakan teknik penilaian observasi, penilaian diri, penilaian teman sejawat dan jurnal. Sedangkan pada aspek keterampilan guru hanya menggunakan teknik penilaian praktik saja, untuk penilaian proyek, produk, dan portofolio tidak diterapkan. Faktor pendukung pelaksanaan evaluasi pembelajaran bahasa Arab berdasarkan kurikulum 2013 kelas VII di MTs Nurul Islam Pekalongan yaitu pelatihan penerapan kurikulum 2013 dan buku ajar yang sesuai. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurang efektifnya pembelajaran, kurangnya Pemahaman Guru, minat belajar siswa kurang, sarana dan prasarana yang kurang memadai, dan sistem penilaian yang rumit.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi, Pembelajaran Bahasa Arab, Kurikulum 2013. | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | Rizi Jawani | ||||||||
Date Deposited: | 15 Aug 2022 04:42 | ||||||||
Last Modified: | 15 Aug 2022 04:42 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1775 |
Actions (login required)
View Item |