Implementasi Remedial Teaching Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas Viii Di Mts Nurul Athfal Ulujami Pemalang

Yulianti, Desti (2020) Implementasi Remedial Teaching Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas Viii Di Mts Nurul Athfal Ulujami Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Bab I - V.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.id

Abstract

Kesulitan belajar merupakan hal-hal atau gangguan yang dapat mengakibatkan kegagalan atau setidaknya menjadi gangguan yang dapat menghambat kemajuan prestasi belajar peserta didik. Untuk mencegah dan mengatasi kesulitan belajar, maka diperlukan kerjasama antara peserta didik, guru dan orang tua. Bagi guru banyak alternatif yang dapat dilakukan dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didiknya, salah satunya mengadakan Remedial Teaching (pengajaran perbaikan), seperti yang dilakukan di MTs Nurul Athfal Ulujami Pemalang. Remidial Teaching atau pengajaran perbaikan ini adalah suatu bentuk pengajaran yang bersifat menyembuhkan atau membetulkan, atau pengajaran yang membuat menjadi lebih baik dari sebelumnya. Adapun rumusan masalah yang penulis ajukan adalah: 1. Bagaimana implementasi Remedial Teaching dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VIII di MTs Nurul Athfal Ulujami Pemalang, 2. Faktor-faktor apa yang mendukung dan menghambat pelaksanaan Remedial Teaching pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VIII di MTs Nurul Athfal Ulujami Pemalang. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mendiskripsikan implementasi Remidial Teaching pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VIII di MTs Nurul Athfal Ulujami Pemalang, 2. Untuk mendiskripsikan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan Remidial Teaching pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VIII di MTs Nurul Athfal Ulujami Pemalang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif yang berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan pelaku yang diamati. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kualitatif dengan memakai proses berpikir secara induktif. Berfikir induktif merupakan proses logika yang berangkat dari data empirik menuju kepada suatu teori. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa Implementasi Remedial Teaching dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Nurul Athfal Ulujami Pemalang dilakukan di waktu jam pelajaran dan di luar pengajaran dengan menggunakan berbagai metode antara lain : metode tanya jawab, metode kerja kelompok dan metode individual. Adapun strategi yang digunakan yaitu: 1. Strategi menulis surat atau ayat Al-Qur’an dengan huruf latin untuk mengatasi kesulitan belajar membaca, 2. Strategi menulis surat yang akan dihafalkan untuk mengatasi kesulitan belajar bahasa (menghafal). Dalam proses Remedial berlangsung guru selalu memberi nasihat dan motivasi kepada peserta didik agar lebih giat belajar lagi sehingga tidak mengikuti kegiatan Remedial. Adapun faktor pendukung implementasi Remedial Teaching dalam mengatasi kesulitan belajar adalah minat belajar siswa dan motivasi guru, sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurang adanya kesadaran dari siswa dan keadaan lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSuraji, ImamUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Remedial Teaching dan Kesulitan Belajar.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.331 Madrasah Tsanawiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Thohirin Thohirin
Date Deposited: 15 Aug 2022 06:25
Last Modified: 15 Aug 2022 06:25
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1784

Actions (login required)

View Item View Item