Implementasi metode eklektik dalam pembelajaran Bahasa Arab di pondok pesantren modern Daaru Ulil Albaab Tegal

Karimah, Nadia Zulfa (2020) Implementasi metode eklektik dalam pembelajaran Bahasa Arab di pondok pesantren modern Daaru Ulil Albaab Tegal. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Bab I - V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Modern Daaru Ulil Albaab Tegal mencoba mengikuti model pembelajaran di Gontor dengan menggunakan kitab Durusul Lughah al-Arabiyyah. Akan tetapi siswa merasa sulit mengikuti pembelajaran bahasa Arab dalam penggunaan metode langsung. Hal itu guru perlu mengganti metode pembelajaran tersebut dengan metode eklektik untuk menjadikan siswa dapat lebih aktif di dalam kelas, tidak hanya monoton mendengarkan ceramah dari guru. Hal itu menjadikan siswa cenderung lebih senang karena dalam penyampaian metode tidak membosankan, karena di dalam proses pembelajaran terkandung variasi metode lain. Rumusan masalah penelitian ini adalah: bagaimana implementasi metode eklektik dalam pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Modern Daaru Ulil Albaab Tegal dan apa faktor pendukung dan penghambat implementasi metode eklektik dalam pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Modern Daaru Ulil Albaab Tegal. Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui implementasi metode eklektik dalam pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Modern Daaru Ulil Albaab Tegal dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi metode eklektik dalam pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Modern Daaru Ulil Albaab Tegal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan, sedangkan pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah: metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi dan metode analisis data. Dalam menganalisis data peniliti menggunakan metode analisis deskriptif, yaitu suatu metode penelitian dengan cara menggambarkan atau melukiskan keadaan objek penelitian pada saat sekarang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode eklektik dalam pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Modern Daaru Ulil Albaab Tegal sudah dapat dikatakan berjalan dengan baik. Hal ini terlihat pada implementasi metode eklektik yang diterapkan sesuai dengan teori yang ada. Adapun metode yang digunakan yaitu metode eklektik, media yang dipakai yaitu berupa kertas warna origami, papan tulis dan buku ajar berupa kitab Durusul Lughah al-Arabiyyah. Kemudian evaluasi dalam implementasi metode eklektik dalam pembelajaran bahasa Arab yaitu menggunakan tes tertulis dan lisan. Implementasi metode eklektik dalam pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Modern Daaru Ulil Albaab terdapat faktor pendukung dan penghambat.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAfroni, AkhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Eklektik dan Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Depositing User: Nurul Izzah
Date Deposited: 15 Aug 2022 06:59
Last Modified: 15 Aug 2022 06:59
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1796

Actions (login required)

View Item View Item