Implementasi metode fonetik dalam pembelajaran bahasa Arab Maharah Kalam di MTs Mambaul Huda Dukuhturi Tegal.

UNSPECIFIED (2020) Implementasi metode fonetik dalam pembelajaran bahasa Arab Maharah Kalam di MTs Mambaul Huda Dukuhturi Tegal. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Bab I - V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Berbicara merupakan salah satu aspek dari keterampilan berbahasa disamping keterampilan mendengar, membaca dan menulis. Dengan berbicara, siswa akan dapat menambah ilmunya. Pembelajaran bahasa Arab di MTs Mambaul Huda Dukuhturi Tegal sangat menekankan pada ke empat kemahiran bahasa Arab salah satunya keterampilan berbicara. MTs Mambaul Huda merupakan madrasah yang mengajarkan mata pelajaran bahasa Arab dengan tujuan agar siswa mampu berbicara/melafalkan teks bahasa Arab dengan lancar dan fashih, dengan upaya menerapkan metode fonetik dalam pembelajaran keterampilan berbicara. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Penerapan Metode Fonetik dalam pembelajaran bahasa Arab Maharah Kalam Siswa kelas VIII MTs Mambaul Huda Desa Pekauman Kulon Dukuhturi Tegal. Apa Faktor Pendukung dan faktor Penghambat Penerapan Metode Fonetik dalam Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Kalam Siswa kelas VIII MTs Mambaul Huda Desa Pekauman Kulon Dukuhturi Tegal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan siswa dalam mengikuti mata pelajaran bahasa Arab dan untuk mengetahui bagaimana implementasi metode fonetik dalam pembelajaran bahasa Arab maharah kalam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah lapangan (field research). Metode pengumpulan data penelitian ini adalah : metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode fonetik dalam pembelajaran bahasa Arab maharah kalam di MTs Mambaul Huda Dukuhturi Tegal meliputi siswa mampu melafalkan teks bahasa Arab dengan lancar dan fashih. Berikut ini merupakan Implementasi Metode Fonetik dalam pembelajaran bahasa Arab maharah kalam siswa di MTs Mambaul Huda khususnya di kelas VIII, guru memperdengarkan / melafalkan teks bahasa Arab sedikit demi sedikit kemudian siswa menirukannya. Metode yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab maharah kalam siswa yaitu dengan metode fonetik, teknik yang digunakan adalah dengan membaca keras, yakni dengan guru melafalkan materi teks bahasa Arab sedikit demi sedikit dengan suara yang keras kemudian siswa menirukannya. Media pembelajaran hanya menggunakan papan tulis serta peragaan guru, sumber pembelajaran bahasa Arab adalah buku paket. Adapun faktor pendukungnya adalah minat belajar siswa dan guru, faktor penghambatnya latar belakang siswa, keterbatasan waktu dan media yang kurang memadai.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBurhan, AliUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Fonetik, Pembelajaran bahasa Arab, Maharah Kalam
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Depositing User: Nurul Izzah
Date Deposited: 15 Aug 2022 02:41
Last Modified: 15 Aug 2022 02:41
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1807

Actions (login required)

View Item View Item