Pengaruh etika bisnis islam dan kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan konsumen (Studi Kasus Depo Kayu Bakar Jaya Desa Kertijayan Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan)

Abdillah, Abdillah (2020) Pengaruh etika bisnis islam dan kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan konsumen (Studi Kasus Depo Kayu Bakar Jaya Desa Kertijayan Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.

[img] Text
Cover Bab I dan V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Kepuasan konsumen merupakan respon pelanggan terhadap ketidaksesuaian antara tingkat kepentingan sebelumnya dan kinerja aktual yang dirasakannya setelah pemakaian. Kepuasan konsumen didefinisikan dengan sebuah konsep yang kritis pada pemasaran dan riset konsumen, pada umumnya apabila konsumen puas atas suatu produk, jasa atau merek, mereka akan lebih suka melanjutkan pembeliannya dan menceritakan kepada orang lain dari pengalaman mereka. Karena itulah perlu adanya penerapan etika bisnis Islam dan memberikan kualitas pelayanan yang baik agar konsumen merasakan suatu kepuasan dan akan kembali lagi membeli serta menggunakan produk tersebut. Sampel penelitian ini adalah 34 responden pelanggan Depo Kayu Bakar Jaya Pekalongan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sampel jenuh, dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Dengan menggunakan uji data, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Analisis data menggunakan uji analisis regresi linier berganda. Secara paesial, Etika bisnis Islam (X1) berpengaruh signifikan dan positif terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen (Y) pada Depo Kayu Bakar Jaya Pekalongan sebesar 0,001. Sedangkan Kualitas Pelayanan (X2) berpengaruh signifikan dan positif terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen (Y) pada Depo Kayu Bakar Jaya Pekalongan sebesar 0,017. Dan secara simultan atau bersama-sama ada pengaruh antara semua variabel bebas yaitu etika bisnis Islam dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Depo Kayu Bakar Jaya Pekalongan. Selanjutnya untuk nilai kofisien determinasi (R2) pada penelitian ini sebesar 0,488 atau 48,8% dan sisanya sebesar 51,2% dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSusminingsih, SusminigsihUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Etika Bisnis Islam, Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan Konsumen
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 09 Jul 2021 03:44
Last Modified: 09 Jul 2021 03:44
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1884

Actions (login required)

View Item View Item