Tinjauan Ekonomi Islam Terhadap Strategi Bwersaing Pada Usaha Konveksi Desa Samong Kecamatan Ulujami

Warsun, Warsun (2021) Tinjauan Ekonomi Islam Terhadap Strategi Bwersaing Pada Usaha Konveksi Desa Samong Kecamatan Ulujami. Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.

[img] Text
Cover Bab I dan V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Persaingan usaha dilakukan untuk merebut hati para konsumen. Para pelaku usaha berusaha menawarkan produk dan jasa yang menarik, baik dari segi harga, kualitas dan pelayanan. Kombinasi ketiga faktor tersebut untuk memenangkan persaingan merebut hati para konsumen dapat di peroleh melalui inovasi, penerapan produk yang tepat,serta kemampuan manajerial untuk mengarahkan sumber daya perusahaan dalamm memenangkan persaingan tersebut. Dalam Islam juga dalam melakukan persaingan harus perpegang pada prinsip persaingan yang sehat, kejujuran, keterbukaan dan juga keadilan. Sehingga persaingan yang terjadi menjadi baik. Seperti halnya pada pengusaha konveksi yang ada di Desa Samong, Kecamatan Ulujami, dimana di sana terdapat banyak pengusaha konveksi sehingga dapat menimbulkan persaingan antar pengusaha. Meskipun terdapat persaingan antar pengusaha konveksi namun ada yang masih melakukan persaingan yang baik, dan ada pula yang melakukan persaingan kurang baik dalam pandangan Islam. Penulis menggunakan jenis penelitian berupa penelitian lapangan atau field research dan menggunakan pendekatan penelitian berupa pendekatan kualitatif.Penulis juga mengumpulkan data primer dari para pengusaha konveksi yang menjalankan usahanya dengan teknik pengambilan sampel random sederhana (simple random sampling).Serta pencarian data sekunder dari buku-buku referensi yang memiliki keterkaitan dengan Usaha Mikro Menengah (UKM), dan Pemerintah Desa Samong, Kecamatan Ulujami, Pemalang. Persaingan usaha dalam ekonomi Islam yaitu bagaimana suatu para pelaku pasar bisa kompetitif. Kompetitif dalam hal ini yaitu dapat bersaingan serta bertahan dalam dunia pasar. Untuk menjamin kualitas produk perusahaan tidak hanya dilihat dari fisik barangnya akan tetapi juga membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memadai, untuk menjaga kelangsungan pengendalian kualitas produk perusahaan. Para pengusaha konveksi di Desa Samong dalam proses pencarian karyawan dilakukan dengan cara mengambil karyawan dari tetangga maupun masyarakat diluar Desa Samong dan tidak dilihat dari riwayat pendidikan lainnya melainkan dari niat yang sungguh-sungguh dan kemauan untuk bekerja. Selain itu untuk pengembangan mutu SDM yang dilakukan dengan cara controling atau pengawasan apabila ada model terbaru. Persaingan pengusaha konveksi di Desa Samong dapat dibagi menjadi empat (4) bagian yaitu persaingan yang sehat, kejujuran, keterbukaan, dan keadilan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFakhrina, AgusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Usaha, Konveksi, Prsaingan, Ekonomi Islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Yanto Yanto
Date Deposited: 28 Jul 2021 06:23
Last Modified: 28 Jul 2021 06:23
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2157

Actions (login required)

View Item View Item