Usaha guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan minat belajar Al-Qur’an bagi siswa kelas N di SD Negeri 06 Kajen

Rakhman, Nur (2012) Usaha guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan minat belajar Al-Qur’an bagi siswa kelas N di SD Negeri 06 Kajen. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
i-v.pdf

Download (13MB)
[img] Text
full teks.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id

Abstract

Dalam belajar anak didik mempunyai minat belajar yang berbeda-beda. Pada satu sisi anak didik memiliki minat belajar yang rendah, tetapi pada saat yang lain anak didik mempunyai minat belajar yang tinggi. Anak didik yang satu bergairah belajar, sedangkan anak ñdik yang lain lrang bergairA dalam belajar. Pada hakekatnya minat merupakan hal yang paling mendasar pada diri manusia. Untuk itu minat dalam kehidupan seha-hari menpakan suatu modal yang paling pokok pada diri mnusia dalam melaksanakan suatu perbuatan. Minat menpAn kecendemgn vtuk mendekati obyek, terdapat pula peruaan senang untuk menyertainya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana usaha guru Pendidikan Agama Islam dalam meningka4an minat belajar AI-Qw’an bagi siswa kelas IV di SD Negeri 06 Kajen? FaHor apa saja yang mendukung dan menghambat usaha gun Pendidikan A5ama Islam dalam meningkatkan minat belajar Al-Qur' an bagi siswa kelas lV di SD Negeri 06 Kajen?. Tujuan penelitian untuk mendesL ipsikan usaha gum Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minal belajar Al-Qw’an bagl siswa kelas IV di SD Negeri 06 Kajen, dan untuk mendesLipsikan faktor yang mendWung dan menghambat usAa gun Pendidllidll Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar Al-Qw’an bagi siswa kelas IV di SD Negeri 06 Kajen. Kegunaan peneli? an adalW memberikan masukan kepada guru tentang cua dan upaya agar mereka lebih memperhatiA n cara mengajar yang mereka pergunakan dalam mendidik dn meningkatkan mint belajar Al-Qur’an siswa di SD Negeri 06 Kajen. Jenis penel itian ini ada!ah penelitian lapangan field reseat-ch). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah guy dan siswa kelas IV di SD Negerl 06 Kajen, sedangkan sumber daa sekunder adalah dokumen dan buku penunjang lain yng relevan. Vetode pengumpulan data adalah metode obsemasi, metode wawancua, metode dokumentasi. Sedangkan uytuk menganalis!s dala yang ada digunakon analisis daa lalitatif dengan metode deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjuLan: l) Usaha gun Pendldlkan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar Al-Qur’an bagi siswa kelas IV di SD kJegeri 06 Kajen, anura lain: dengan memberikan tugas kepada siswa di rumah untuk membaca Al- Qw’an, dengan cara membe?kan motivasi kepada sissva untuk giat belajar di rumah, dengan mengadakan les/privat dituar jam pelajaran, seaa melakukan evaluui terhadap man pelajaran Pendidikan Agana Islam terutama pada materi baca tulis Al- Qur’an. 2) FaVor yang mendukung usaha guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar Al-Qur'an bagi siswa kelas IV di SD Negeri 06 Kajen.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuslih, MohUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Usaha Guru PAI Dalam MeningkaLan Minat Belajar Al-Qur'an.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 13 Dec 2021 07:16
Last Modified: 13 Dec 2021 07:16
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2376

Actions (login required)

View Item View Item