Munir, Ahmad Sirojul (2012) Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Fikih Materi Zakat melalui Strategi Pembelajaran Card Sort pada Siswa Kelas IV MI Darussalam Juragan Kandeman, Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
i-v.pdf Download (10MB) |
|
Text
full teks.pdf Restricted to Registered users only Download (23MB) |
Abstract
Kebanyakan siswa-siswa yang belum berhasil mencapai batas ketuntasan minimal disebabkan kketidakmampuan mereka menyelesaikan soal-soal ulangan yang diberikan pada tahapan perhitungan zakatnya. Penanganan masalah ini menjadi urgen karena pelajaran fikih materi zakat menuntut siswa-siswa untuk dapat melakukan perhitungan-perhitungan zakat. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar fikih siswa Kelas IV MI Darussalam Juragan melalui penerapan strategi pembelajaran card short pada bahan kajian zakat. PTK dilakukan dengan dua siklus. Penerapan hasil analisis tugas dilakukan setelah dilakukan tes diagnostik kemampuan menguasai materi zakat. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan prestasi belajar fikih siswa di mana untuk soal-soal yang berhubungan dengan zakat rata-rata skor pada siklus I adalah 60,78 ulangan harian (seluruh soal). Pada siklus II rata-rata skor untuk soal-soal yang berhubungan dengan zakat 65,40.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan Prestasi Belajar, Strategi Pembelajaran, Card Short | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.332 Madrasah Aliyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Noorma Fitriana M. Zain | ||||||||
Date Deposited: | 19 Aug 2022 06:23 | ||||||||
Last Modified: | 19 Aug 2022 06:23 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2607 |
Actions (login required)
View Item |