Yafi', Muhammad (2015) Komparasi Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Tingkat Sekolah Dasar yang Sudah dan yang Belum Tersertifikasi di Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan Kecamatan Bandar Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN ) Pekalongan.
Text
2021111275 MUHAMMAD YAFI_ BAB I - V FULL TEXT_1.PDF Restricted to Registered users only Download (16MB) |
|
Text
2021111275 MUHAMMAD YAFI_ BAB I, V DAN LAMP_1.PDF Download (8MB) |
Abstract
Pada hakikatnya tujuan adanya sertifikasi guru yakni untuk meningkatkan profesionalitas kinerja guru yang pada akhirnya membawa pada peningkatan kualitas atau mutu pendidikan. Profesionalitas tersebut tentunya dapat dilihat secara langsung melalui proses kegiatan pembelajaran di sekolah. Dari gambaran tersebut, mestinya ada semacam perbedaan signifikan antara kinerja guru yang tersertifikasi dan yang belum tersertifikasi. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana kinerja guru Pendidikan agama islam tingkat sekolah dasar yang sudah tersertifikasi, bagaimana kinerja guru Pendidikan agama islam tingkat sekolah dasar yang belum tersertifikasi, dan bagaimana perbandingan kinerja guru Pendidikan agama islam tingkat sekolah dasar yang sudah dan yang belum tersertifikasi di UPTD Pendidikan Kecamatan Bandar Kebupaten Batang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Adapun analisis data penelitian ini menggunakan analisis data statistik yang berupa: analisis pendahuluan, analisis validitas dan realibilitas, analisis uji hipotesis, dan analisis lanjut, adapun analisis yang utaman adalah uji t (t test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil kinerja guru Pendidikan Agama Islam tingkat sekolah Dasar yang sudah tersertifikasi menunjukkan jika guru sertifikasi mayoritas memiliki kinerja yang baik sekali yaitu sebanyak 22 orang dan hanya 1 orang yang memiliki kinerja yang baik. 2) Hasil kinerja guru Pendidikan Agama Islam tingkat sekolah dasar yang belum tersertifikasi menunjukkan jika guru non sertifikasi mayoritas juga memiliki kinerja yang sangat baik yaitu sebanyak 10 orang sedangkan yang memiliki kinerja baik sebanyak 3 orang. 3) Pada taraf signifikansi 1% "Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan kinerja antara guru Pendidikan Agama Islam tingkat sekolah dasar yang sudah tersertifikasi dan yang belum tersertifikasi". Sedangkan pada taraf signifikansi 5% "Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa ada perbedaan kinerja antara guru Pendidikan Agama Islam tingkat sekolah dasar yang sudah dan yang belum tersertifikasi."
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Komparasi, Kinerja Guru, Sertifikasi Guru | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Rosi Rosi | ||||||||
Date Deposited: | 14 Oct 2023 07:13 | ||||||||
Last Modified: | 14 Oct 2023 07:13 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2673 |
Actions (login required)
View Item |