Analisis Pelaksanaan Pendidikan akhlak Di MI Islamiyah Kluwuh Bandar Batang

Khasanah, Nur (2012) Analisis Pelaksanaan Pendidikan akhlak Di MI Islamiyah Kluwuh Bandar Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
i-v.pdf

Download (9MB)
[img] Text
full teks.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Krisis akhlak terjadi karena kesalahan • dunia pendidikan atau kurang berhasilnya dunia pendidikan dalam menyiapkan generasi muda bangsanya. Tujuan tersebut terinteregasi dalam satu tujuan yang disebut tujuan tertinggi pendidikan Islam, yaitu tercapainya kesempumaan insani. Tujuan ini hanya dapat terealisasi dengan pendekatan diri kepada Allah serta hubungan terus-menerus antara individu dan penciptanya. Inilah inti dasar akhlaki pendidikan Islam. Penulis merumuskan beberapa masalah yaitu (1) Apa sajakah materi yang disampaikan dalam pendidikan akhlak?, (2) Metode apa sajakah yang digunakan dalam pendidikan akhlak?, (3) Apa sajakan faktor-faktor yang menunjang dan menghambat pelaksanaan pendidikan akhlak di MI Islamiyah Kluwih Bandar Batang?. Tujuannya (1) Untuk mengetahui materi pendidikan akhlak, (2) Untuk mengetahui metode pendidikan akhlak, (3) Untuk mengetahui faktor-faktor yang menunjang dan menghambat pelaksanaan pendidikan akhlak di MI Islamiyah Kluwih - Bandar Batang. Kegunaannya ( 1) Secara teoritis diharapkan memberikan sumbangan bagi pengembangan dunia pendidikan pada umumnya dan khususnya dapat memperkaya khasanah pendidikan yang diperoleh dari penelitian lapangan ini. (2) Secara praktis, bagi pendidik dapat memperoleh pemahaman tentang pentingnya pelaksanaan pendidikan akhlak. Peneliti melakukan riset menggunakan jenis penelitian lapangan (field research), dan menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Adapun data-data yang diperlukan digali dengan metode observasi, interview dan dokumentasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa (1) Materi pendidikan akhlak meliputi materi ritual, materi hafalan surat-surat _pendek dan materi hafalan had its-had its, materi bertutur sapa dengan menggunakan bahasa krama, materi tentang bertingkah laku yang baik dan materi praktek ibadah. (2) Metode yang digunakan dalam pendidikan akhlak meliputi: metode pembiasaan, keteladanan, demonstrasi, kisah, nasehat, perhatian dan pemberian hadiah dan hukuman. (3) Faktor penunjang antara lain lingkungan yang .memiliki kesadaran berakhlakul karimah tinggi, guru madrasah yang merniliki Iatar belakang pondok pesantren, komitmen yayasan yang kuat dengan perpegang teguh pada nilai-nilai akhlakul karimah, sebagian besar peserta didik adalah putra alumni pondok pesantren, peserta didik yang sebagian besar mengisi waktu sore hari untuk sekolah di madrasah diniyah (Madin) dan TPQ. Faktor pengharnbats antara lain sebagian masyarakat yang masih berkeyakinan bahwa sekolah di MI tidak bisa melanjutkan ke sekolah menengah negeri dan kondisi masyarakat yang sebagian besar merantau ke Jakarta, banyak yang membawa budaya baru yang kurang sesuai dengan syariat Islam, sehingga peserta didik dikhawatirkan akan mengikuti budaya tersebut

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSuraji, ImamUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: analisis pelaksanaan pendidikan akhlak
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 29 May 2023 06:14
Last Modified: 29 May 2023 06:14
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3182

Actions (login required)

View Item View Item