Pengaruh Pembelajaran Calistung Terhadap Bakat Pada Anak Prasekolah di Lembaga Pendidikan "ANANDA" Wiradesa Kabupaten Pekalongan

Ermaningsih, Dewi (2014) Pengaruh Pembelajaran Calistung Terhadap Bakat Pada Anak Prasekolah di Lembaga Pendidikan "ANANDA" Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
i-v.pdf

Download (12MB)
[img] Text
full teks.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pertumbuhan dan perkembangan anak didik di zaman sekarang berkaitan dengan perkcmbangan pendidikan, secara ilmiah perkembangan anak itu berbeda-beda, ,. baik dalam inteleuensi. bakat. rninat dan kreativitas. Dimasa sekarang mercbaknya bimbingan belajar banyak menunjang pendidikan anak didik, karcna akhir-akhir ini banyak SD/MI yang menerapkan test bagi calon siswa SD dan persiapan pcmbclajaran di Sekolah Dasar sehingga mcngakibatkan J)ara orang tua mengajak putra-putri untuk masuk ke bimbingan belajar Calistung, padahal di rl~K tidak ada kcwajiban anak belajar membaca kecuali hanya ajang sosialisasi. Apabila salah mengenali anak bisa berakibat buruk pada perkembangan psikologi pada anak prasekolah. Rincian masalah yang diajukan adalah bagairnana penerapan pcmbelajaran Calistung pada anak prasekolah di Lembaga Pendidikan ANANDA Wiradesa kabupaien Pekalongan, bagaimana perkembangan bakat pada anak prasekolah di Lembaga Pendidikan Ananda Wiradcsa kabupaten Pekalongan , dan bagaimana pengaruh pcmbelajaran Calistung pada anak prasekolah terhadap bakat di Le111bag,1 Pcndidikan A11and,1 Wiradesa kabupatcn Pekalongan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mernperoleh gambaran je1as mengenai penerapan pembelajaran Calistung pada anak prasekolah di Lembaga Pendidikan Ananda Wiradesa kabupaten Pekalongan, untuk memperoleh gambaran jelas mengenai perkembangan bakat pada anak prasekolah di Lernbaga Pendidikan A11and,1 Wiradesa kabupaten Pekalongan, dan untuk memperoleh gambaran jelas mcngenai pengaruh pembelajaran Calistung terhadap bakat pada anak prasekolah di Lernbaga Pcndidikan Ananda Wiradesa kabupaten Pekalongan. Serta kegunaan penelitian untuk memberi konstribusi pemikiran cara belajar Calistung dan juga untuk bahan pertimbangan mengenai bakat membaca, menulis dan rnenghitung. Penelitian ini rnenggunakan pendckatan kuantitatif dengan jenis lapangan (field 1·eJ·ec11·c·/1). Sedangkan sampelnya adalah 30 responden yang diarnbil dari 25o/o dari 120 populasi. dengan mcnggunakan teknik random sampling, adapun metode J)C11gt1111pt1la11 data menggunakan metode observasi, angket, wawancara dan dekumentasi. A lat analisis yang digunakan adalah regresi linear sederhana. Hasil yang diperolch dalam pcnelitian ini adalah angket, bahwa pembelajaran Calistung di Le111b,1ga Pendidikan Ananda dalam kategori baik, hal ini ditunjukan dengan nilai rata-rata sebesar 60, berada pada interval ( 65- 60). Bakat anak prasekolah di Lembaga Pendidikan Ananda termasuk dalam katcgori cukup, hal ini ditunjukan dengan nilai rata-rata scbcsar 62.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDSalafuddin, SalafuddinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pcmbelajaran Calistung
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yanto Yanto
Date Deposited: 14 Jun 2023 08:34
Last Modified: 14 Jun 2023 08:34
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3206

Actions (login required)

View Item View Item