Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Al Qur' an Hadits Peserta Didik Kelas V MI Salafiyah Wonoyoso 02 Buaran Pekalongan Tahun Pelajaran 2015/2016

Hanifah, Hanifah (2015) Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Al Qur' an Hadits Peserta Didik Kelas V MI Salafiyah Wonoyoso 02 Buaran Pekalongan Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN ) Pekalongan.

[img] Other (Thesis)
2021311103 HANIFAH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (10MB)
[img] Other (Thesis)
2021311103 HANIFAH BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (23MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Disiplin adalah Kontrol terhadap kelakuan baik oleh suatu kekuatan luar ataupun oleh individu sendiri. Sedangkan belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang barn secara keseluruhan sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya. Dalam suatu kegiatan belajar mengajar seorang pendidik seharusnya dapat menciptakan situasi belajar yang menyenangkan sehingga menumbuhkan kegairahan belajar dan terbentuknya sikap tertib dan disiplin pada anak. Sebab disiplin merupakan suatu hal yang hams dilakukan untuk mencapai tujuan pendidikan. Dengan adanya suatu kedisiplinan dalam pendidikan, maka sangat diharapkan prestasi peserta didik dapat ditingkatkan. Kedisiplinan belajar peserta didik dapat terjadi secara optimal bila pihak sekolah dan para guru melakukan perbaikan proses belajar mengajar yang menjadikan peserta didik itu memiliki tingkat yang sama. Sehingga antara guru dan peserta didik akan tercipta saling kerjasama. Biasanya siswa yang memiliki kedisiplinan dalam belajar, mereka cenderung memiliki prestasi belajar yang lebih baik dibanding peserta didik yang tidak mempunyai kedisiplinan dalam belajar. Oleh karena itu, setiap peserta didik harus memiliki kedisiplinan dalam belajar agar mereka bisa memiliki prestasi yang bagus. Dengan demikian timbul permasalahan: Bagaimana kedisiplinan belajar peserta didik kelas V di MI Salafiyah Wonoyoso 02 Buaran Pekalongan Tahun Pelajaran 2015/2016?, bagaimana prestasi belajar Al Qur' an Hadits peserta didik kelas V di MI Salafiyah Wonoyoso 02 Buaran Pekalongan Tahun Pelajaran 2015/2016?, dan bagaimana pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar Al Qur'an Hadits peserta didik kelas V di MI Salafiyah Wonoyoso 02 Buaran Pekalongan Tahun Pelajaran 2015/2016?. Adapun tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana kedisiplinan belajar peserta didik kelas V di MI Salafiyah Wonoyoso 02 Buaran Pekalongan Tahun Pelajaran 2015/2016, untuk mengetahui bagaimana prestasi belajar Al Qur'an Hadits peserta diidk kelas V di MI Salafiyah Wonoyoso 02 Buaran Pekalongan Tahun Pelajaran 2015/2016 dan untuk mengathui bagaimana pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar Al Qur' an Hadits peserta didik kelas V di MI Salafiyah Wonoyoso 02 Buaran Pekalongan Tahun Pelajaran 2015/2016. Kemudian dengan penelitian ini diharapkan menjadi bahan masukan dalam penerapan kedisiplinan dalam belajar sehingga dapat mencapai prestasi belajar yang optimal. Penelitian yang dilakukan dalam rangka penulisan skripsi ini merupakan jenis penelitian lapangan karena data yang diambil berasal dari objek penelitian baik secara langsung maupun tidak langsung. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode interview, metode dokumentasi dan metode angket, sedangkan metode analisa data menggunakan teknik analisis "regresi ". Setelah penelitian ini dianalisis maka dapat diketahui hasilnya bahwa: dari basil angket yang penulis laksanakan, menunjukkan bahwa pelaksanaan kedisiplinan belajar di MI Salafiyah Wonoyoso 02 Buaran Pekalongan tahun pelajaran 2015/2016 yang mempunyai nilai rata-rata 92,09 termasuk dalam kategori baik, dan skor dominan terletak diantara 94 - 98 Sedangkan prestasi belajar Al Qur'an Hadits peserta didik kelas V di MI Salafiyah Wonoyoso 02 Buaran Pekalongan tahun pelajaran 2015/2016 menggunakan nilai rata-rata peserta didik berdasarkan basil belajar ulangan harian pada semester gasal yang mempunyai nilai rata-rata 84,29 termasuk dalam kategori baik dan skor dominan terletak diantara nilai 93 - 99. Adapun kedisiplinan belajar berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar Al Qur' an Hadits peserta didik karena semakin sering guru melaksanakan kedisiplinan dalam belajar pada peserta didik maka akan semakin baik pula prestasi belajar yang dicapai oleh peserta didik. Hal tersebut terbukti dari basil perhitungan analisis regresi. Dimana nilai t test= 4,522. Nilai tersebut lebih besar daripada nilai t tabel baik pada taraf signifikan 1 % maupun 5%. Berdasarkan basil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa t test = 4,522, sedangkan t tabet pada taraf signifikan 5% = 2,042 dan pada taraf signifikan 1 % = 2,750. Sedangkan nilai rxy lebih besar dari nilai "r" tabel baik pada taraf signifikan 5% maupun 1%. Dimana diketahui bahwa rxy = 0.643, sedangkan "r" tabel pada taraf signifikan 5% = 0.355 dan pada taraf signifikan 1 % = 0.456. Ini berarti bahwa kedisiplinan belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar Al Qur'an Hadits peserta didik kelas V di MI Salafiyah Wonoyoso 02 Buaran Pekalongan pada tahun pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorYUSUF, MUSFIROTUNUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 13 Jul 2023 02:16
Last Modified: 13 Jul 2023 02:16
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3279

Actions (login required)

View Item View Item