Oodidarifin, Oodidarifin (2014) Korelasi Antara Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Terhadap Karakter Siswa Smp N 12 Kota Pekalongan Tahun Pelajaran 2013/2014. Undergraduate Thesis thesis, STAIN Pekalongan.
Text
232108418 QODHI ARIFIN BAB I - V DAN LAMP.PDF Download (5MB) |
|
Text
232108418 QODHI ARIFIN FULL TEXT.PDF Restricted to Registered users only Download (12MB) |
Abstract
Arifin, Qodhi. 2014 "Korelasi antara Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam terhadap Karakter Siswa SMP N 12 Kota Pekalongan Tahon Pelajaran 2013/2014" Skripsi Jurusan Tarbiyah STAIN Pekalongan. Pembimbing 1 Pembimbing 2 M. Fahrullah, M.Hum Muhammad Jaeni, M.Pd. M.Ag Penclidikan Agama Islam (PAI) mempunyai kedudukan sentral dalam membentuk karakter, terutama untuk mewujudkan siswa yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia. Namun, sebagian peserta siswa masih ada yang melakukan tindakan kurang terpuji, yaitu berperilaku mengikuti lingkungan tempat tinggal, kurangnya sopan santun pada guru, temperamental, bercanda yang berlebihan, bermalas-malasan dan kurang disiplin. Sebagian siswa SMP N 12 Kota Pekalongan juga memiliki kemungkinan melakukan tindakan tersebut. Rumusan masalah yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah prestasi belajar pendidikan Agama Islam siswa SMP N 12 Kota Pekalongan. Karakter siswa SMP N 12 Kota Pekalongan dan kolerasi antara prestasi belajar pendidikan Agama Islam terhadap karakter siswa SMP N 12 Kota Pekalongan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMP N 12 Kota Pekalongan. Karakter siswa SMP N 12 Kota Pekalongan, dan korelasi antara prestasi belajar pendidikan Agama Islam terhadap karakter siswa SMP N 12 Kota Pekalongan. Hasil penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi dalam mata pelajaran PAI dan memberikan gambaran dan .masukan yang positif mengenai penanaman karakter siswa, baik bagi siswa itu sendiri, guru, dan pihak sekolah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui angket, dokumentasi, wawancara, dan observasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis data kuantitatif dengan menggunakan analisis product moment. Hasil analisis menunjukkan bahwa dengan korelasi product moment dapat terlihat adanya pengaruh positif yang signifikan antara prestasi belajar pendidikan agama Islam terhadap karakter siswa SMPN 12 Kota Pekalongan. Hal ini dapat dibuktikan melalui persentase nilai raport pendidikan agama Islam semester genap tahun 2013/2014 dengan nilai 73-77 yang mempunyai kualifikasi baik, dan karakter siswa SMPN 12 Kota Pekalongan dengan nilai 69-74 dengan mempunyai kualifikasi cukup. Setelah keduanya dikorelasikan dengan mengguncakan product moment diperoleh rxy = 0,680 dimana nilai tersebut berarti lebih besar baik pada taraf signifikan 5% maupun 1 %. Hal ini berarti bahwa pelaksanaan pendidikan Agama Islam di SMPN 12 Kota Pekalongan mempunyai korelasi positif yang signifikan terhadap karakter siswa SMPN 12 Kota Pekalongan, sehingga hipotesis yang penulis ajukan diterima. Berdasarkan temuan-temuan tersebut maka diajukan agar pelaksanaan pendidikan agama Islam di SMPN 12 Kota Pekalongan perlu ditingkatkan lagi agar mempunyai kualifikasi yang baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Korelasi antara Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Ari Sugeng | ||||||||||||
Date Deposited: | 26 Jul 2023 02:05 | ||||||||||||
Last Modified: | 26 Jul 2023 02:05 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3318 |
Actions (login required)
View Item |