Pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar PAI siswa SD Islam Gondang Wonopringgo Pekalongan tahun ajaran 2013/2014

Mumasaroh, Yuni (2014) Pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar PAI siswa SD Islam Gondang Wonopringgo Pekalongan tahun ajaran 2013/2014. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Other (Thesis)
2021210201 YUNI MUMAROSAH BAB I, V DAN LAMP.PDF

Download (6MB)
[img] Other (Thesis)
2021210201 YUNI MUMAROSAH FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Permasalahan yang sering ditemui masih banyak lah atau madrasah yang telah mengadakan perpustakaan sekolah tetapi masih be memiliki bukubuku yang memadahi yang dapat memenuhi kebutuhan siswa maupun bagi para pengajar sebagai sumber belajar. Bahkan dari siswa sendiri terkadang kurang memanfaatkan fasilitas perpustakaan yang ada di sekolah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (l) Bagaimana pemanfaatan perpustakaan sekolah di SD Islam Gondang Wonopringgo Pekalongan? (2) Bagaimana hasil belajar PAIsiswa SD Islam Gondang Wonopringgo Pekalongan Tahun Ajaran 20132014? dan (3) Bagaimana pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar PAI siswa D Islam Gondang Wonopringgo Pekalongan Tahun Ajaran 2013/2014?. Tujuan pelitian ini adalah untuk mengetahui (l) Pemanfaatan perpustakaan sekolah di SD Islam Gondang Wonopringgo Pekalongan (2) Hasil belajar PAI siswa SD Islam Gondang Wonopringgo Pekalongan Tahun Ajaran 2013/2014 (3) Pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar PAI siswa SD Islam Gondang Wonopringgo Pekalongan Tahun Ajaran 2013/2014. Kegunaan penelitian ini memberikan manfaat bagi perkembangan dunia pendidikan dan dapat menjadi tambahan informasi bagi para ilmuwan ingin meneliti intensitas pemanfaatan perpustakaan sekolah. Metode penelitian ini menggunakan jenis peneliti lapangan, dimana penelitian dilaksanakan pada kancah kehidupan yang sebenarnya. Pendekatannya dengan kuantitatif yaitu analisisnya pada bentuk angka atau bilangan. Metode yang digunakan dengan metode observasi, metode angket, interview dan metode dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan bersifat kuantitatif yang berwujud angka hasil perhitungan peneliti dengan statistika dengan rumus regresl sederhana yang selanjutnya mengkonsultasikan nilai haik taraf signifikan 5 % maupun pada taraf signifikan 1%. Pemanfaatan perpustakaan sekolah di SD Islam Gondang Wonopringgo Pekalongan cukup dengan hasil angket bahwa nilai rata-ratå 76 interval 76—77. Hasil belajar PAI siswa SD Islam Gondang Wonopringgo Pekalongan cukup dengan rata-rata nilai adalah 77 interval 76-77. Ada pepgaruh pemanfaatan perpustakaan terhadap hasil belajar siSwa SD Islam Gondang Wonopringgo Pekalongan pada taraf signifikan 5 % dibuktikan dengan itungan = 2,642 lalu dilakukan perbandingan antara ties dengan ttate. (2,642 2,042). Pada taraf signifikan 1% nilai tvabcl= 2,750, maka ties < (2.642 <Jadi disimpulkan balma pada taraf 5% pemanfaatan perpustakaan mempun pengaruh positif yang siginifikan terhadap hasil belajar PAI siswa (Ha dite dan Ho ditolak), tetapi pada taraf I % pemanfaatan perpustakaan tidak memp yai pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar PAI siSwa (Ha ditolak HO diterima).

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuthoin, MuthoinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Perpustakaan Sekolah, Hasil Belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 17 Jul 2023 01:44
Last Modified: 17 Jul 2023 01:44
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3319

Actions (login required)

View Item View Item