Peningkatan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadist Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Kartu Kata Siswa Kelas I MI Rahmatul Umat 01 Walangsanga Semester II Tahun Pelajaran 2014/2015 Moga Pemalang

Muyasahoh, Nuning (2016) Peningkatan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadist Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Kartu Kata Siswa Kelas I MI Rahmatul Umat 01 Walangsanga Semester II Tahun Pelajaran 2014/2015 Moga Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN ) Pekalongan.

[img] Other (Thesis)
2021311142 NUNING MUYASAROH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (11MB)
[img] Other (Thesis)
2021311142 NUNING MUYASAROH BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (21MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Media Pernbelajaran merupakan saraua dan prasarana untuk menunjang terlaksananya kegiatan pembelajaran serta penunjang pendidikan tentunya perlu mendapat perh tian tersendiri. Keberadaannya tidak dapat diabaikan begitu saja dalam proses pendidikan, khususnya dalam prose pembelajaran.Tanpa adanya media pernbelajarun. pelaksanaan pendidikan tidak akan berjalan dengan baik. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkaian kemampuan membaca huruf hijaiyah melalui penggunaaan media kartu kata pada siswa kelas I MI Rahmatul Umat OI Walangsanga Moga Pemalang.Metodologi dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan clus (clas room action research), teknik pengumpulan data yang dipergunakan antara lain doku entasi, observasi, wawancara, clan tes.analisis data yang digunakan adalah dengun metode deskriptif, subyek penelitian peserta didik kelas Ml Rahmatul Umat OI Walangsanga Moga Pernalang.Hasil akhir dari penelitian sebagai berikut : pertatna, Pelaksanaan Media Kartu Kata telah dilaksanakan oleh guru dengan baik.begitu juga siswa dalam mengikuii pembelajaran dengan Media Kartu Kata juga menunjukan kriteria baik.hal ini terbuku dengan hasil ketrampilan mernbaca siswa dalam belajar pada siklus I diperoleh prosentase 71,3°0 yang terdiri dari kecepatan dalam membaca sebesar 69,4% dengan rata-rata sekitar 2.08,kelancaran membaca sebesar 69,4% dengan rata-rata skor 2.08 dan kefasihun menu aca sebesar 75% dengan rata-rata skor 2.25.pada II siklus ketrampilan siswa da!.1111 merru aca diperoleh prosentase 8.75%,yang terdiri dari ketepatan membaca sebesar 94.-1°1<> dengan rata-rata 2.83,kelancaran membaca sebesar 100% dengan rata-rata 3.00, kefas han mernbacu sebesar 97.2% dengan rata-rata 2.92.Sedangkan keaktifan siswa pada siklus I diperoleh proseniase prosentase 6.29% yang terdiri darikeatifan siswa dalam berta.rR 62,5%, menjawab pertanyaan 61,1%, dan aktif menyimpulkan 65.2%.Sedangkan keaktifan pacla siklusII diperoleh prosentase skor 91.6°,,;1 yang terdiri clari keaktir.m berta I ya 9.2%, aktif menjawab pertanyaan 93%,dan aktif mcnyirnpulkan 90.2%. Kedua, Kemampuan mernbaca huruf hijaiyah siswu setelah dilaksanakan Media Kart Kata juga menunjukan kriteria baik,hal ini berdasarkan Prestasi basil belajar siswa pada iklus diperoleh nilai rata-rata 76,29, dengan kctuntusan klasikal sebesar 62,5 °;,. Sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa dipcroleh 22 siswa atau 91,6% telah mencapui nilai VO atau lebih. nilai rata-rata siswa 8L04, nilai tcrtinggi 96 clan nilai terenclah <iO.Dengan demikian pemahaman siswa yang diketahui duri husil belajar siswa pada xiklu. ll telah mencapai kriteria yang ditetapkan. Ketiga, Penggunaan Media Kartu Kuta berdasarkan hasil penclitian yang dijelaskan dapat mcningkatkan kernarnpuan mernbacu huruf hijaiyah siswa kelas I MI Rahmatul Umat 01 Walangsanga Moga Pernalang sehin ga rumusan hipotesis yang diajukan yaitu "pernbelajaran dengan menggunakan metode media kartu kata dapat meningkatkan kemampuan rnembaca huruf hijaiyah siswa kelas I Ml Rahmatul Umat O I Walangsanga Moga Pemalang dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMu'in, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 17 Jul 2023 06:18
Last Modified: 17 Jul 2023 06:18
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3337

Actions (login required)

View Item View Item