Model pendidikan agama islam pada anak usia dini di lingkungan keluarga (studi pemikiran Prof Dr. Zakiah Daradjat)

Nasriyati, Siti Fatchun (2015) Model pendidikan agama islam pada anak usia dini di lingkungan keluarga (studi pemikiran Prof Dr. Zakiah Daradjat). Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Other (Thesis)
2021211042 SITI FATCHUN NASRIYATI BAB I - V DAN LAMP.PDF

Download (4MB)
[img] Other (Thesis)
2021211042 SITI FATCHUN NASRIYATI FULL TEXT (Done).PDF
Restricted to Registered users only

Download (13MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Melihat fenomena Saat ini, banyak orang tua Yang belum bisa menjadi orang tua Yang baik, apalagi dengan meningkatnya jumlah ibu bekerja Yang menimbulkan persoalan Yang tidak sedikit, yakni anak bisa Saja kurang mendapatkan perhatian dari orang tua mengingat keduanya sibuk bekerja. Selain itu orang tua di zarnan sekarang Suka mengatakan suatu IMkataan Yang tidak seharusnya di dengar oleh anak kecil, Saat menegur misalnya, orang tua sering mengucapkan kata Yang tidak baik kepada anaknya, di Saat anaknya mau minta uang jajan namun orang tua tidak bisa memberikannya, sedangkan anak terus Saja meminta uang, saking kesalnya orang tua akhirnya keluarlah kata-kata Yang kurang baik Yang di tujukan kepada anaknya. Kemudian kesadaran orang tua untuk mengajak anaknya belajar mengaji masih sangat minim Hal ini sungguh memprihatinkan, mengingat Zakiah Daradjat mengatakan orang tua merupakan ÎMIdidik utama dan pertama bagi anak-anak mereka. Oleh karenanya mengangkat permasalahan ini dengan mengambil judul Model Pendidikan Agama Islam Pada Anak Usia Dini Di Lingkungan Keluarga Menurut Prof. Dr. Hj Zakiah Daradjat Melihat kenyaataan itu, penulis mengambil rumusan masalah Bagaimana model agama Islam bagi anak usia dini di lingkungan keluarga menurut Zakiah Daradjat? Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research). Dengan menggunakan pendekatan historis. dan Analisis data Yang digunakan dalam Fnelitian ini adalah dengan menggunakan metode deskriptif. Hasil lxnelitiannya adalah menurut Zakiah Daradjat, łxrnberian pendidikan agama rnda anak usia dini di lingkungan keluarga agar lebih mempunyai ani bagi anak, hendaknya disajikan dengan model Yang lebih konkrit, dengan bahasa Yang dipahaminya dan kurang bersifat dogmatik. Dalam proses pendid.'kannya harus disesuaikan dengan perkembangan Model pendidlkan agamanya dilakukan dengan cara bercerita lxndek Yang menceritakan pahlawan dan tokoh agama Yang mempunyai sifat terpuji, sevxrti cerita Nabi atau Rasul.Selain itu pendidikannya dilakukan secara txrtahap dan berkesinambungan, dan tetap menjunjung nilai-nilai Islami. Pada intinya anak diajarkan supaya menjadl orang Yang benman, bukan ahli pengetahuan tentang keimanan. Dalam penerapan pedidikan keimanan dilakukan dengan cara memben contoh, teladan, pembiasaan, dan latihan Yang terlaksana dalam keluarga. Dalam mengajarkan Ibadah, dimulai dari Yang mudah, dan disesuaikan dengan kemampuan anak, orang tua bisa memulai dari ibadah harian Yang utama, seperti shalat lima waktu.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSopiah, SopiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model PAI, Anak Usia dini dan Keluarga
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 27 Jul 2023 02:23
Last Modified: 27 Jul 2023 02:23
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3424

Actions (login required)

View Item View Item