Arzaq, M. Yusril (2019) Upaya guru Baca Tulis Alquran dalam mengatasi kesulitan membaca Alquran kelas VI A MSI 01 Kauman Pekalongan Tahun Ajaran 2018-2019. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Cover, Bab I - V.pdf Download (3MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Alquran merupakan kitab petunjuk yang berisi kalam-kalam Allah yang sangat penting bagi kehidupan manusia dan tentunya masih banyak lagi kegunaan kitab yang diturunkan oleh nabi Muhammad saw. Selain itu Alquran juga memberikan petumjuk dalam persoalan-persoalan akidah syariah dan akhlaq, dengan jalan meletakan dasar dasar-dasar prinsipil mengenai persoalan-persoalan tersebut, dan memberikan keterangan yang lengkap mengenai dasar-dasar itu, namun pada dasarnya dalam membaca alqur’an banyak yang mengalami kesulitan.Kesulitan-kesulitan yang di alami dalam membaca Alquran siswa adalah masih belum mampu membedakan mana huruf yang satu dengan huruf yang lain sebagaimana observasi di kelas VI A, sebagai contoh peserta didik terkadang masih belum mampu membedakan cara membaca huruf dad dengan za padahal jelas berbeda dalam cara membacanya, selain itu juga pada bacaan tajwid terkadang bacaan ikhfa’ (samar) dibaca idghom (dengung) dan yang seharusnya dibaca panjang peserta didik melafalkan dengan pendek dan lain sebagainya, padahal tak sedikit peserta didik yang telah di wisuda di TPQ masing-masing. Dari uraiandiatastersebut, makadirumuskanpermasalahandalamskripsiiniyaitu: (1) Bagaimanakesulitan yang dialamisiswadalammembacaAlquran siswaKelas VI A MSI 01 Kauman Tahun ajaran 2018-2019. (2) Bagaimana upaya guru Baca Tulis Alquran dalam mengatasi kesulitan Belajar membaca Alquran siswa Kelas VI A MSI 01 Kauman Tahun ajaran 2018-2019 (3). Apa saja faktor yang mendukung dan yang menghambat bagi guru Baca TulisAlquran dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Alquran siswa Kelas VI A MSI 01 Kauman Tahun ajaran 2018-2019. Adapun tujuan dari penelitian ini antara lain. (1) Untuk mengetahui jenis kesulitan membaca Alquran yang dihadapi siswa kelas VI A MSI 01 Kauman Pekalongan Tahun ajaran 2018-2019. (2) Untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru Baca Tulis Alquran dalam mengatasi kesulitan membaca Alquran di kelas VI A MSI 01 Kauman Tahun 2018-2019. (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat bagi Guru Baca Tulis alquran dalam mengatasi kesulitan membaca alquran di kelas VI A MSI 01 Kauman Pekalongan Tahun 2018-2019. Penelitianinitermasukpenelitianlapangan(field reseach, denganpendekatanpenelitiankualitatif. Teknikpengumpulandatanyamelaluiobservasiwawancara, dandokumentasi. Sedangkananalisis yang dilakukansecarainteraktifmelaluitigatahapyaitu: reduksi data, penyajian data, dankesimpulanatauVerifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pembelajaran Baca Tulis Alquran kelas VI A di MSI 01 Kauman terdapat beberapa kesulitan dalam membaca Alqur’an dalam segi kelancaran membaca Alqur’an, Makhorijul Hurufnya dan Tajwidnya hal tersebut karena ada beberapa faktor yaitu. faktor pendukung diantaranya kondisi lingkungan yang banyak didirikan TPQ dan guru BTQ yang professional. Selain dari faktor pendukung juga terdapat faktor penghambat diantaranya rendahnya tingkat pemahaman siswa, kurangnya motivasi belajar pada siswa, terbatasnya jam pembelajaran dan kurangnya perhatian dari orang tua. Upaya yang dilakukan oleh Guru Baca Tulis alquran diantaranya pemberian tugas, Tadarus bersama, dan menggunakan metode drill.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Guru Baca Tulis Alquran, Kesulitan membaca Alquran | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Yanto Yanto | ||||||||
Date Deposited: | 09 May 2020 23:37 | ||||||||
Last Modified: | 09 May 2020 23:37 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/358 |
Actions (login required)
View Item |