Hubungan antara Konsep Diri dengan Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 14 Pekalongan Tahun Ajaran 2015-2016

Fathoni, M. Azhar (2015) Hubungan antara Konsep Diri dengan Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 14 Pekalongan Tahun Ajaran 2015-2016. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Text
2021111256 M. AZHAR FATHONI BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (30MB)
[img] Text
2021111256 M. AZHAR FATHONI BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (18MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Motivasi merupakan bagian dari aspek psikologi dari individu yang membangkitkan, memunculkan, mengarahkan dan menjaga suatu perilaku. Rendahnya prestasi dan motivasi belajar serta terjadinya penyimpangan-penyimpangan perilaku banyak disebabkan oleh persepsi dan sikap negatif terhadap diri sendiri. Gambaran mengenai diri yang diinginkan dapat memengaruhi motivasi seseorang. Bagi siswa yang merasa tidak mampu, mereka berusaha menghindari situasi- situasi yang menyebabkan mereka harus melakukan hal-hal yang mereka merasa tidak bisa, sehingga siswa merasa gagal sehingga pada akhirnya mereka kehilangan motivasi. Konsep diri merupakan keseluruhan gambaran diri, yang meliputi persepsi seseorang tentang diri, perasaan, keyakinan, dan nilai-nilai yang berhubungan dengan dirinya. Konsep diri ada yang sifatnya positif dan negatif. Dalam hal ini untuk pengambilan data konsep diri dan motivasi belajar, subjek penelitian yang penulis ambil adalah siswa SMP Negeri 14 pekalongan tahun ajaran 2015/2016. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana konsep diri siswa di SMP Negeri 14 Pekalongan tahun ajaran 2015/2016, bagaimana motivasi belajar siswa di SMP Negeri 14 Pekalongan tahun ajaran 2015/2016, adakah hubungan antara kosep diri dengan rnotivasi belajar siswa di SMP Negeri 14 Pekalongan tahun ajaran 2015/2016. Tujuan yang hendak dicapai melalui penelitian adalah untuk mengetahui konsep diri siswa di SMP Negeri 14 Pekalongan tahun ajaran 2015/2016, untuk mengetahui motivasi belajar siswa di SMP Negeri 14 Pekalongan tahun ajaran 2015/2016, untuk mengetahui hubungan antara kosep diri dengan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 14 Pekalongan tahun ajaran 2015/2016. Kegunaan penelitian ini secara teoritis dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Teknik analisis menggunakan product moment dan dengan dibantu program SPSS 16. Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara konsep diri dengan motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 14 Pekalongan tahun ajaran 2015/2016, ini terbukti pada hasil analisa data dengan menggunakan SPSS 16 diketahui: Konsep diri siswa kelas VIII di SMP Negeri 14 Pekalongan memiliki nilai rata-rata hasil pengukuran konsep diri yaitu 59 yang berada pada interval 56-59 dengan presentase 26,92%. Ini menunjukkan bahwa konsep diri siswa pada kategori sedang. Sedangkan motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 14 Pekalongan memiliki nilai rata-rata hasil pengukuran motivasi belajar yaitu 69 yang berada pada interval 66-69 dengan presentase 25,00%. Ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa pada kategori sedang. Hubungan antara konsep diri dengan motivasi belajar siswa diperoleh melalui teknik analisis korelasi pearson (product moment) dengan nilai rxy = 0,753 yang berarti positif. Sedangkan pada tabel interpretasi nilai terletak antara 0, 71 - 0,90 yang berarti ada hubungan yang kuat antara konsep diri dengan motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 14 Pekalongan. Dari hasil analisis penelitian, jadi, hipotesis yang penulis ajukan bahwa "terdapat hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan motivasi belajar siswa di SMP Negeri I 4 Pekalongan tahun ajaran 2015/2016" diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZaduqisti, EstiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Konsep Diri dan Motivasi Belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rosi Rosi
Date Deposited: 30 Aug 2023 04:10
Last Modified: 30 Aug 2023 04:10
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3594

Actions (login required)

View Item View Item