Strategi Pemasaran Batik Di Kabupaten Pekalongan Pasca Covid-19 Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam

Maula, Arina Azimatul (2023) Strategi Pemasaran Batik Di Kabupaten Pekalongan Pasca Covid-19 Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4117326_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4117326_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

ARINA AZIMATUL MAULA. Strategi Pemasaran Batik Di Kabupaten Pekalongan Pasca Covid-19 Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran umum Batik Azrim, Batik Fakhrudin Tokhan dan Batik Putri Citra,mengetahui kendala pada sa’at pasca COVID-19 dan mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan di Batik Azrim, Batik Fakhrudin Tokhan dan Batik Putri Citra pasca pandemi COVID-19 serta implementasi dari strategi pemasaran dalam perspektif etika bisnis Islam. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis deskripsi analisis. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dengan triangulasi metode dan triangulasi sumber.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pasca COVID-19 sebagianprodusen batik yang terkena imbasnya, untuk menangulanginya Batik Azrim, Batik Fakhrudin Tokhan dan Batik Putri Citra meperbaharui strategi pemasaran mereka yang tersendat menggunakan strategi bauran pemasaran marketing mix 7P yaitu product, price, place, promotion, people, physical evidence dan process dan ada penambahan syariah marketing 2P yaitu promise dan patience. Bermula dari ketiga produsen batik tersebut fokus dengan produk andalan mereka seperti sebelum pasca covid-19 menjadi sama-sama berfokus kepada produk viral yang diminati oleh para konsumen-konsumennya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSaifudin, Abdul GhofarUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Batik, Pasca COVID-19, Etika Bisnis Islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 19 Sep 2023 03:06
Last Modified: 19 Sep 2023 03:06
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3748

Actions (login required)

View Item View Item