Pengaruh religiusitas dan kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran pendidikan agama islam kelas xi di SMA N 1 Kesesi Kabupaten Pekalongan

Zulfa, Putri Naeni (2023) Pengaruh religiusitas dan kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran pendidikan agama islam kelas xi di SMA N 1 Kesesi Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2119010_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2119010_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Prestasi belajar merupakan suatu perolehan dari aktivitas belajar siswa yang diiringi perubahan oleh individu dalam bentuk angka, huruf, symbol, atau kalimat. Semua itu sebagai metode untuk mengukur keberhasilannya dalam memenuhi standar yang telah ditentukan dan menjadi sempurna baik dalam pemikiran maupun perilakunya. Peneliti melakukan obervasi dimana telah didapati ada beberapa siswa yang memiliki nilai berada diambang batas KKM. Tidak hanya itu peneliti juga mendapati poin lain diantaranya banyak siswa yang kurang peka dalam menjalankan kegiatan agamanya serta pemahaman terhadap makna agama tersebut. Hal tersebut disebabkan karena siswa banyak terpapar oleh gaya hidup yang dianggapnya modern, padahal budaya tersebut justru menjerumuskan siswa ke lembah keburukan. Dampaknya siswa juga cenderung kurang disiplin dalam perilaku seharinya. Aspek2 tersebutlah yang menyebabkan merosotnya prestasi belajar siswa. Untuk itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian berupa pengaruh religiusitas dan kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran dari Pendidikan Agama Islam pada kelas XI SMA Negeri 1 Kesesi. Diharapkan dari penelitian ini peneliti dapat pengaruh religiusitas dan kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada kelas XI SMA Negeri 1 Kesesi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Untuk tempat penelitiannya di SMA N 1 Kesesi, kabupaten Pekalongan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, angket, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya dengan cara uji linear berganda melalui uji validitas, uji linearitas, uji normalitas, uji autokorelasi, uji T, uji heteroskedasitas, dan koefisien determinasi. Kemudian diolah dengan SPSS versi 25. Dari penelitian ini diperoleh hasil berupa terdapat pengaruh antara religiusitas dan kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran PAI di SMA N 1 Kesesi Kecamatan Kesesi Kabupaten Pekalongan. Indikator paling tinggi pengaruhnya pada variabel religiusitas adalah indikator peribadatan sebesar 41%. Pada variabel Indikator paling tinggi pengaruhnya adalah indikator disiplin tindakan sebesar 65%. Besarnya pengaruh religiusitas dan kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran PAI di SMA N 1 Kesesi Kecamatan Kesesi Kabupaten Pekalongan adalah sebesar 65,8%. Peneliti menyarankan agar siswa, orang tua, kepala sekolah, guru, dan peneliti berikutnya bisa mengambil hikmah dari penelitian religiusitas dan kedisiplinan yang mewakili setiap indikator-indikator yang ada, sehingga bisa menjadi bahan untuk rujukan dan perbaikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDewi, Heni LiliaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Religiusitas, kedisiplinan, prestasi belajar, siswa, pendidikan agama islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 29 Sep 2023 03:14
Last Modified: 26 Jan 2024 09:53
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3829

Actions (login required)

View Item View Item