Yulfiana, Rizka (2023) Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Menggunakan Media Kartu Kata Bergambar Siswa Kelas 1 SDN Deles 01 Kecamatan Bawang Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2319180_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (953kB) |
|
Text
2319180_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan media kartu kata bergambar dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 1 di SDN Deles 01. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan guru dalam meningkatan kemampuan membaca menggunakan media kartu kata bergambar siswa kelas 1 SDN Deles 01. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Menjelaskan Mengenai Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Menggunakan Media Kartu Kata Bergambar Siswa Kelas 1 SDN Deles 01 Kecamatan Bawang Kabupaten Batang, (2) Menganalisis Faktor Pendukung Dan Faktor Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Menggunakan Media Kartu Kata Bergambar Siswa Kelas 1 SDN Deles 01 Kecamatan Bawang Kabupaten Batang. Jenis penelitan dalam skripsi ini berupa penelitian lapangan (field research) dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Adapun teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data-data yang dibutuhkan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dengan model Miles, Huberman, dan Saldana yang meliputi: kondensasi data (data condensation), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu kata bergambar di SDN Deles 01Kecamatan Bawang Kabupaten Batang sudah digunakan dengan baik dan dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa. Kemudian ada 4 upaya yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa menggunakan media kartu kata bergambar ada 4 upaya, yaitu (1) pemilihan gambar yang menarik (2) penggunaan media kartu kata bergambar disesuaikan dengan tema pembelajaran (3) permainan tebak kata dan gambar menggunakan media kartu kata bergambar (4) memberikan motivasi dan Reward. Selain itu, ada faktor yang menjadi pendukung upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca menggunakan media kartu kata bergambar, yaitu (1) guru menciptakan suasana belajar yang menyenangkan (2) minat belajar membaca siswa yang tinggi. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan kemampuan membaca menggunakan media kartu kata bergambar juga terdiri dari 3 faktor, yaitu (1) kemampuan siswa berbeda-beda dalan menerima pembelajaran (2) kondisikesehatan siswa yang terganggu (3) kurangnya kesadaran orang tua dalam mengajari anaknya membaca.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Membaca, Media Kartu Kata Bergambar | ||||||||
Subjects: | 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan 700 THE ART, FINE AND SPORT (KESENIAN, HIBURAN, DAN OLAH RAGA) > 720 Architecture (Arsitektur) > 723 Architecture from 300 – 1399/Arsitektur Tahun 300 sampai dengan Tahun 1399 |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 21 Feb 2024 03:27 | ||||||||
Last Modified: | 21 Feb 2024 03:27 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4198 |
Actions (login required)
View Item |