Pengaruh Strategi Entry Behavior Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Material Statistika Pada Siswa Kelas X Smk Negeri 1 Pekalongan

Asmarani, Aulia (2023) Pengaruh Strategi Entry Behavior Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Material Statistika Pada Siswa Kelas X Smk Negeri 1 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2619091_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2619091_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Asmarani. Aulia, 2023. Pengaruh strategi entry behavior terhadap kemampuan penalaran matematis materi statistika pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Pekalongan. Skripsi program studi tadris matematika, fakultas tarbiyah dan ilmu keguruan UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing Ibu Umi Mahmudah, M.Sc., Ph.D. Kata Kunci : Pengaruh, Strategi Entry Behavior, Kemampuan Penalaran Matematis. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan penalaran matematis siswa pada pembelajaran matematika. Strategi entry behavior merupakan kemampuan awal yang harus dimiliki siswa sebelum menerima sesuatu hal yang baru. Strategi entry behavior diharapkan dapat menjadikan siswa lebih antusias dan mengefektifkan serta mengoptimalkan pembelajaran, sehingga mata pelajaran matematika yang dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit dan menakutkan akan dikemas menjadi pembelajaran yang menarik dan menyenangkan, guna untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis yang dimiliki siswa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut : 1) Bagaimana penerapan strategi entry behavior pada siswa kelas X materi statistika? 2) Apakah terdapat pengaruh strategi entry behavior terhadap kemampuan penalaran matematis materi statistika pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Pekalongan?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh strategi entry behavior terhadap kemampuan penalaran matematis materi statistika pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Pekalongan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain “pre-test dan post-test one group design”. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas busana 1 dan busana 2 di SMK Negeri 1 Pekalongan dengan jumlah 72 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan : 1) Penerapan strategi entry behavior berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas X SMK Negeri 1 Pekalongan. 2) Pengaruh dari strategi entry behavior terhadap kemampuan penalaran matematis materi statistika pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Pekalongan menunjukan hasil perhitungan uji-t menggunakan uji paired sampel t-test dengan = 0,05 dan df = 72 diperoleh nilai = 21,750, berdasarkan nilai = 0,05 dan dk = n -1 = 72 – 1 = 71, maka diperoleh nilai = 1,660. Sehingga ditolak dan diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada 95% pengaruh dari strategi entry behavior terhadap kemampuan penalaran matematis materi statistika pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Pekalongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMahmudah, UmiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pengaruh, Strategi Entry Behavior, Kemampuan Penalaran Matematis.
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 06 Nov 2023 01:50
Last Modified: 06 Nov 2023 01:50
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4313

Actions (login required)

View Item View Item