Strategi persaingan bisnis dalam perspektif etika bisnis islami (studi kasus pada pengusaha batik di Kampoeng Wisata Batik Pesindon Kota Pekalongan)

Rizqi, Ilah (2019) Strategi persaingan bisnis dalam perspektif etika bisnis islami (studi kasus pada pengusaha batik di Kampoeng Wisata Batik Pesindon Kota Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Dunia bisnis yang berkembang sangat pesat ditandai dengan banyaknya pengusaha dalam berbagai macam produksi dan menawarkan berbagai macam produk yang sejenis yaitu produk batik. Persaingan bisnis produk batik di Kampoeng Wisata Batik Pesindon Kota Pekalongan ada banyak pengusaha batik salah satunya adalah pengusaha batik di Batik Feno, Batik Larissa, Batik Dannis Art. Strategi bisnis yang digunakan untuk bersaing, sebagai seorang pebisnis harus memperhatikan nilai-nilai keislamaan untuk memenangkan persaingannya. Perilaku dalam berbisnis tidak luput dari adanya nilai moral atau nilai etika bisnis Islam sangatlah penting karena untuk mengintegrasikan dimensi moral dalam melakukan bisnis sesuai dengan ajaran Islam, yaitu prinsip ketahuidan, prinsip kesimbangan, prinsip kehendak bebas, prinsip pertanggung jawaban, prinsip kebenaran. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif dengan tujuan mendeskrpsi segala sesuatu tentang strategi persaingan bisnis dalam perspektif etika bisnis Islam pengusaha batik di Kampoeng Wisata Batik Pesindon Kota Pekalongan. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah tingkat persaingan bisnis di Kampoeng Wisata Batik Pesindon Kota Pekalongan secara umum meliputi persaingan produk, persaingan harga, persaingan tempat, dan persaingan promosi berjalan dengan baik. Strategi persaingan yang dilakukan oleh pengusaha batik di Batik Feno, Batik Larissa, Batik Dannis Art adalah memproduksi batik tetap menjaga kualitas produk batik dengan menambah variasi dan motif batik dari model klasik dan modern, menciptakan produk sesuatu yang baru dan berbeda dari segi kemasan, warna, harga dan pelayanan. Memproduksi batik sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Menetapkan harga kepada para konsumen mengacu pada kualitas produk, bahan baku dan kesulitan pengerjaan, tidak menipu dan jujur. Dari segi tempat sangat strategis karena adanya persaingan bisnis yang sehat. Strategi persaingan bisnis yang dilakukan pengusaha batik sudah sesuai dengan etika bisnis Islam yang telah berpegang pada prinsip ketahuidan, prinsip keseimbangan, prinsip kehendak bebas, prinsip pertanggung jawaban, dan prinsip kehendak bebas.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSyukron, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Persaingan Bisnis, Etika Bisnis Islam, Pengusaha Batik.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 12 May 2020 03:50
Last Modified: 12 May 2020 03:50
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/435

Actions (login required)

View Item View Item