Oktaviani, Aldina Tri (2023) Peran Guru Kelas Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV Di SDN 04 Banjaran Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2319018_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (2MB) |
|
Text
2319018_fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Oktaviani, Aldina Tri, NIM 2319018, 2023. Peran Guru Kelas Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV Di SDN 04 Banjaran Pemalang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing Alyan Fatwa, M.Pd. Kata Kunci: Peran Guru, Kurikulum Merdeka Belajar, Mata Pelajaran Matematika. Bahwa SDN 04 Banjaran ini sudah menerapkan kurikulum merdeka terutama pada kelas IV dalam pembelajaran matematika. Dalam penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran matematika. Konsep Penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran matematika yang menyenangkan harus jadi pegangan oleh guru. Sebaliknya siswa pada kelas IV harus mempunyai kebebasan untuk mengespresikan diri melalui kurikulum merdeka. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (i) Bagaimana peran guru kelas dalam penerapan kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran matematika kelas IV di SDN 04 Banjaran Pemalang (ii) Apa saja faktor penghambat serta faktor pendukung yang dihadapi oleh guru kelas pada mata pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini (i) Untuk menjelaskan peran guru kelas dalam penerapan kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran matematika kelas IV di SDN 04 Banjaran Pemalang (ii) Untuk menjelaskan faktor penghambat serta faktor pendukung yang dihadapi oleh guru kelas pada mata pelajaran matematika. Jenis penelitian yang dilakukan menggunakan jenis penelitian lapangan dengan penelitian kualitatif yang menggunakan alat pengumpul data dengan metode wawancara, pengamatan (observasi), dan dokumentasi, untuk memperoleh data yang kemudian di olah dan di analisa hingga diperoleh suatu kesimpulan. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peran guru kelas dalam penerapan kurikulum Merdeka belajar pada mata pelajaran matematika kelas 4 di SDN 04 Banjaran Pemalang Iya itu guru sebagai pendidik, guru sebagai pembimbing, guru sebagai motivator, guru sebagai fasilitator, guru sebagai evaluator. Ada banyak peran guru yang dilaksanakan namun pada zaman sekarang yang menggunakan kurikulum merdeka belajar belajar guru dituntut untuk sebagai fasilitator. Karena pembelajaran sekarang terutama pada mata pelajaran matematika lebih banyak pada proyek yang di mana pastinya membutuhkan dan menyediakan fasilitas dalam pembelajaran, agar memudahkan pembelajaran matematika dan pembelajaran matematika ini lebih menyenangkan. Dalam pembelajaran kelas IV tentunya tidak lepas dengan beberapa faktor pendukung yang menunjang kegiatan pembelajaran sesuai yang di harapkan. Tetapi juga pastinya masih ada faktor yang menjadi penghambat dalam pembelajaran matematika. Adapun faktor pendukung yaitu penggunaan media, dan motivasi dari guru. Sedangkan untuk faktor penghambatnya adalah daya saraf siswa yang berbeda-beda, sarana dan prasarana, dan siswa mengobrol dengan temannya saat pembelajaran berlangsung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Peran Guru, Kurikulum Merdeka Belajar, Mata Pelajaran Matematika. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.332 Madrasah Aliyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 10 Nov 2023 03:35 | ||||||||
Last Modified: | 10 Nov 2023 03:35 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4362 |
Actions (login required)
View Item |