Muzaki, Alfian (2023) Pengaruh kompetensi pedagogik guru PAI terhadap prestasi belajar kognitif siswa dalam kurikulum merdeka kelas vii di SMP Negeri 4 Bojong. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2119309_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (2MB) |
|
Text
2119309_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Guru adalah pendidik profesional yang mempunyai tugas untuk mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik. Hal ini menjadi acuan bahwa kompetensi pedagogik ialah kemampuan guru dalam mengatur pelaksanaan pembelajaran peserta didik. Kompetensi ini pada dasarnya jelas terkait dominasi ilmu pendidikan yang berhubungan dengan kewajiban guru. Sebagaimana kompetensi pedagogik guru PAI di SMP Negeri 4 Bojong. Peneliti merumuskan masalah bagaimana kompetensi pedagogik guru PAI dalam pembelajaran kurikulum merdeka di SMP Negeri 4 Bojong, bagaimana prestasi belajar kognitif siswa kelas VII SMP Negeri 4 Bojong dan apakah terdapat pengaruh kompetensi pedagogik guru PAI terhadap prestasi belajar kognitif siswa kelas VII dalam kurikulum merdeka di SMP Negeri 4 bojong. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru PAI dalam pembelajaran kurikulum merdeka di SMP Negeri 4 Bojong, untuk mengetahui prestasi belajar kognitif siswa kelas VII SMP Negeri 4 Bojong dan menganalisis tingkat pengaruh kompetensi pedagogik guru PAI terhadap prestasi belajar kognitif siswa kelas VII dalam kurikulum merdeka di SMP Negeri 4 bojong. Dengan adanya skripsi ini semoga memberikan manfaat baik teoritis maupun praktis. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Sumber data dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini: (1) Setelah dilakukan analisis distribusi jawaban responden menunjukkan kompetensi pedagogik guru yang termasuk kategori sangat baik sebanyak 8 siswa atau 16 %, kategori baik sebanyak 20 siswa atau 40%, kategori cukup baik sebanyak 16 siswa atau 32 %, dan kategori kurang baik sebanyak 6 siswa atau 12%. Dapat disimpulkan bahwa kompetensi pedagogic guru PAI di SMP Negeri 4 Bojong tergolong baik dan memiliki nilai rata-rata 53,88. (2) Prestasi belajar kognitif siswa kelas VII SMP Negeri 4 Bojong memiliki nilai rata-rata sebesar 71,78. (3) Setelah dilakukan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa tingkat pengaruh kompetensi pedagogik guru PAI terhadap prestasi belajar kognitif siswa dalam kurikulum merdeka kelas VII di SMP Negeri 4 bojong jika dilihat dari nilai thitung > ttabel dan nilai signifikansi 5% maka variabel kompetensi pedagogik guru berpengaruh signifikan terhadap variabel prestasi belajar kognitif siswa. Hasil dari output koefisien didapatkan nilai thitung sebesar 6,152 dan ttabel sebesar 2,011 atau 6,152 > 2,011 dan nilai signifikansi kompetensi pedagogik guru 0,000 < 0,05 (H0 ditolak dan Ha diterima).
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi pedagogik guru, prestasi belajar | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 13 Nov 2023 08:53 | ||||||||
Last Modified: | 24 Jan 2024 07:54 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4458 |
Actions (login required)
View Item |