Implementasi strategi pendidikan holistik berbasis akhlakul karimah di MTs Gondang Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan

Fitri, Anisa Nur Idatul (2016) Implementasi strategi pendidikan holistik berbasis akhlakul karimah di MTs Gondang Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Text
2021111372 ANISA NUR IDATUL FITRI BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (20MB)
[img] Text
2021111372 ANISA NUR IDATUL FITRI BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (34MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pendidikan holistik adalah pendidikan yang menyeluruh dan seimbang antara pendidikan umum dan pendidikan agama. Tujuan dari pendidikan holistik adalah mendidik anak supaya kelak bisa menjadi manusia yang sempurna (insan kamil). Untuk bisa menjadi manusia yang sempurna harus memiliki akhlak yang mulia. Seperti, rajin beribadah, memiliki sopan santun, senantiasa menjaga kebersihan,dll. MTs Gondang merupakan salah satu lembaga pendidikan yang memiliki komitmen untuk bisa memberikan pendidikan yang seimbang antara pendidikan umum dan pendidikan agama bertujuan mencetak peserta didik yang berakhlakul karimah. Dalam hal ini lembaga pendidikan khususnya MTs Gondang pasti memiliki strategi yang dilaksanakan untuk mencapai tujuan tersebut. Dari latar belakang masalah tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi strategi pendidikan holistik berbasis akhlakul karimah di MTs Gondang? dan Apa faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi strategi pendidikan holistik berbasis akhlakul karimah di MTs Gondang? Metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kualitatif danjenis penelitian lapangan (field research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi strategi pendidikan holistik berjalan dengan baik, diantarannya: 1. Penggunaan kurikulum yang terpadu, 2. Menggunakan sistem pendidikan yang menyeluruh 3. Menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, 4. Kerjasama seluruh warga sekolah. Adapun Faktor pendukungnya: 1. Guru yang berkompeten, 2. Metode pembiasaan berakhlakul karimah, 3.Sarana dan prasarana yang memadai, 4. Perhatian wali murid terhadap pendidikan peserta didik. Sedangkan Faktor penghambat: 1. Latar belakang keluarga Peserta didik yang berbeda-beda,2. beberapa wali murid yang kurang mendukung program dari sekolah 3. Lingkungan masyarakat yang kurang mendukung

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUntung, SlametUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Pendidikan, Pendidikan Holistik, Akhlakul karimah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rosi Rosi
Date Deposited: 16 Nov 2023 06:54
Last Modified: 16 Nov 2023 06:54
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4474

Actions (login required)

View Item View Item