Pengaruh Online Customer Review, Online Rating dan Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Shopee (Studi Kasus Mahasiswi FEBI Angkatan 2019 UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan)

Faudiana, Nabila Marsa (2023) Pengaruh Online Customer Review, Online Rating dan Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Shopee (Studi Kasus Mahasiswi FEBI Angkatan 2019 UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4119079_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4119079_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kemajuan zaman mendorong tumbuhnya setiap lini kehidupan untuk terintegrasi dengan teknologi yang diantaranya adalah kegiatan belanja. Kegiatan ini dapat dilakukan secara online melalui marketplace, salah satunya melalui shopee. Konsumen sendiri memenuhi kebutuhan hidupnya dengan melakukan keputusan pembelian yang memiliki banyak tahapan proses. Online rating menjadi faktor utama yang mampu mempengaruhi keputusan pembelian. Kedua adalah Online review dan yang ketiga adalah viral marketing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah online rating, online review dan viral marketing secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Studi kasus pada mahasiswi FEBI UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan menggunakan kuesioner sebagai metode pengumpulan data. Populasi penelitian ini adalah mahasiswi angkatan 2019 FEBI UIN Pekalongan yang aktif berbelanja via shopee sebanyak 187 responden. Pengujian instrumen dilakukan pada sample menggunakan metode purposive samplig. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik yakni i uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heterokedastisitas dengna nilai alpha 0.05. Adapun uji hipotesis menggunakan uji t dan uji f Dari penelitian yang dilakukan ditemukan beberapa kesimpulan sebagai berikut. 1) online rating tidak berpengaruh terhadap keputuan pembelian berdasarkan interpretasi thitung 1.489 < ttabel 1.97 dan nilai sig 0.139 > 0.05. 2) online review tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian berdasarkan interpretasi nilai thitung 1.693 < ttabel 1.97 dengan nilai sig 0.093 > 0.05. 3) viral marketing berpengaruh terhadap keputusan pembelian berdasarkan interpretasi nilai thitung 6.721 > ttabel 1.97 dengan nilai sig 0.000 < 0.05. 4) online review, online rating dan viral marketing secara simultan berpengaruh positfi terhadap keputusan pembelian berdasarkan interpretasi nilai Fhitung 38.842 > Ftabel 2.60 dengan nilai sig sebesar 0.000 < 0.05.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAdiwinarto, Wahid WahyuUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Online review, online rating, viral marketing, keputusan pembelian
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 22 Nov 2023 08:15
Last Modified: 22 Nov 2023 08:15
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4828

Actions (login required)

View Item View Item