Erlindawati, Erlindawati (2023) Pengaruh Electronic Word of Mouth (EWOM), Labelisasi Halal, dan Kesadaran Halal terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Kemasan Impor (Studi Kasus pada Pengikut Akun Twitter @FOODFESS2 Muslim di Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
4119091_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (2MB) |
|
Text
4119091_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Erlindawati. Pengaruh Electronic Word of Mouth (EWOM), Labelisasi Halal, dan Kesadaran Halal terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Kemasan Impor (Studi Kasus pada Pengikut Akun Twitter @FOODFESS2 Muslim di Pekalongan) Kemajuan globalisasi dan perdagangan bebas yang semakin meningkat menjadi faktor meningkatnya volume produk makanan kemasan impor yang masuk ke pasar domestik. Banyaknya makanan kemasan impor yang masuk ke Indonesia menimbulkan masalah kompleks tentang status kehalalan produk. Dalam hal ini konsumen dihadapkan pada keputusan pembelian produk makanan kemasan impor. Ada berbagai faktor keputusan pembelian seperti electronic word of mouth yang didapat melalui jejaring sosial, labelisasi halal, dan kesadaran halal yang dimiliki konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh electronic word of mouth, labelisasi halal, dan kesadaran halal terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah pengikut akun twitter FOODFESS2 muslim di Pekalongan. Sampel pada penelitian ini berjumlah 97 pengikut akun twitter FOODFESS2 muslim pekalongan yang ditentukan berdasarkan hasil perhitungan rumus lemeshow. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik convenience sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa electronic word of mouth (ewom) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan t hitung 4,819 > t tabel 1,985 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Labelisasi halal berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan t hitung 2,326 > t tabel 1,985 dan nilai signifikansi 0,022 < 0,05. Kesadaran halal tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung – 0,467 < t tabel 1,985 dan nilai signifikansi 0,641 > 0,05. Electronic word of mouth (ewom), labelisasi halal, dan kesadaran halal secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai f hitung 22,100 > f tabel 2,701 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Kata Kunci : Electronic Word of Mouth, Labelisasi Halal, Kesadaran Halal, dan Keputusan Pembelian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Electronic Word of Mouth, Labelisasi Halal, Kesadaran Halal, dan Keputusan Pembelian. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Febi | ||||||||
Date Deposited: | 22 Nov 2023 08:43 | ||||||||
Last Modified: | 22 Nov 2023 08:43 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4849 |
Actions (login required)
View Item |