Af’idah, Nurul (2018) Upaya meningkatkan motivasi belajar anak dalam mengenal konsep bilangan matematika melalui pemainan dadu angka di KB Melati Sidokare Ampelgading Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Cover, Bab I - V.pdf Download (4MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Permasalahan yang ada di KB Melati Sidokare Ampelgading Pemalang adalah anak memiliki motivasi belajar yang rendah terutama pada konsep bilangan matematika untuk itu guru di KB Melati Sidokare melakukan upaya agar motivasi belajar anak meningkat dengan cara menggunakan permainan dadu angka dalam proses mengenal konsep bilangan matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1. Apakah menggunakan permainan dadu angka dapat meningkatkan motivasi belajar anak dalam mengenal konsep bilangan matematika di KB Melati Sidokare Ampelgading Pemalang? 2. Adakah peningkatan motivasi belajar anak dalam mengenal konsep bilangan matematika melalui permainan dadu angka di KB Melati Sidokare Ampelgading Pemalang? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar anak dalam mengenal konsep bilangan matematika melalui permainan dadu angka di KB Melati Sidokare Ampelgading Pemalang, untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar anak dalam mengenal konsep bilangan matematika melalui permainan dadu angka di KB Melati Sidokare Ampelgading Pemalang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) sedangkan penelitian menggunakan metode analisis data yang terbagi menjadi dua yaitu pertama, analisis kuantitatif deskriptif untuk melihat peningkatan motivasi belajar anak. Kedua, analisis kualitatif deskriptif yaitu penampilan data dalam bentuk narasi atau deskripsi. Setelah diketahui hasil perhitungan, maka upaya meningkatkan motivasi belajar anak dalam mengenal konsep bilangan matematika melalui permainan dadu angka di KB Melati Sidokare Ampelgading Pemalang yaitu pada pra siklus 15% anak yang sudah termotivasi 85% anak masih belum termotivasi, pada siklus I terdapat 62% anak yang sudah termotivasi 38% anak belum termotivasi, sedangkan pada siklus II ada peningkatan terdapat 85% anak yang sudah termotivasi 15% anak belum termotivasi disebabkan anak tersebut jarang sekali aktif berangkat ke sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Konsep Bilangan Matematika, Permainan Dadu Angka. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||||||||
Depositing User: | Ari Sugeng | ||||||||
Date Deposited: | 14 May 2020 05:24 | ||||||||
Last Modified: | 14 May 2020 05:24 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/508 |
Actions (login required)
View Item |