Studi Komparasi Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Tahfidzul Qur’an Antara Kelas X Tahfidz Dan Non-Tahfidz Di Ma Salafiyah Syafi’iyah Proto Pekalongan

Rajwa, Neyla (2023) Studi Komparasi Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Tahfidzul Qur’an Antara Kelas X Tahfidz Dan Non-Tahfidz Di Ma Salafiyah Syafi’iyah Proto Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2119084_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2119084_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Neyla Rajwa. 2023. Studi Komparasi Kemampuan Menghafal Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Tahfidzul Qur’an Antara Kelas X Tahfidz dan NonTahfidz di MA Salafiyah Syafi‟iyah Proto Pekalongan. Skripsi. Prodi/Fakultas: PAI/Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) KH. Abdurrahman Wahid Pekalonga. Dosen Pembimbing: M.Adin Setyawan, M.Psi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang fokusnya siswa-siswi penghafal Al-Qur‟an terhadap hafalannya, hal ini dikarenakan kurangnya perhatian khusus lembaga-lembaga pendidikan yang memberikan wadah kepada siswa-siswi untuk menghafal Al-Qur‟an. Oleh karena itu, MA Salafiyah Syafi‟iyah Proto Pekalongan memberikan kebijakan untuk memberi kelas khusus tahfidz agar nantinya para penghafal Al-Qur‟an dapat fokus menghafal tanpa tertinggal pelajaran di madrasahnya sehingga tidak terjadi ketimpangan nilai secara signifikan antara kelas tahfidz dan non-tahfidz. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah: Bagaimana proses pembelajaran tahfidzul qur’an siswa tahfidz dan non-tahfidz kelas X di MA Salafiyah Syafi‟iyah Proto Pekalongan? Bagaimana perbandingan kemampuan menghafal Al-Qur‟an antara siswa kelas tahfidz dan non tahfidz kelas X di MA Salafiyah Syafi‟iyah Proto Pekalongan? Bagaimana perbandingan hasil belajar mata pelajaran tahfidzul qur’an antara kelas tahdidz dan non tahfidz kelas X di MA Salafiyah Syafi‟iyah Proto Pekalongan? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian perbandingan atau komparasi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan Independent Sample T-Test. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian yaitu kepala Madrasah MA Salafiyah Syafi‟iyah Proto Pekalongan, guru tahfidzul qur’an, dan siswa-siswi kelas X MA Salafiyah Syafi‟iyah Proto Pekalongan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara variabel terikat (Y1) “kemampuan menghafal Al-Qur‟an” dengan variabel bebas (X) “kelas X tahfidz dan non-tahfidz”. Dan ada perbedaan yang tidak terlalu signifikan antara variabel terikat (Y2) “hasil belajar mata pelajaran tahfidzul qur’an” dengan variabel (X) “kelas X tahfidz dan non-tahfidz”.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSetyawan, M. AdinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Komparasi, Kemampuan Menghafal Al-Qur'an, Hasil Belajar, Tahfidzul Qur'an.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 27 Nov 2023 06:42
Last Modified: 27 Nov 2023 06:42
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5104

Actions (login required)

View Item View Item