Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Quiz Team Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI MA NU Batang

Khusnah, Asmaul (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Quiz Team Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI MA NU Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2619073_Cover, Bab I & Bab 5.pdf

Download (870kB)
[img] Text
2619073_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Asmaul, Khusnah. 2023.Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Quiz Team Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI MA NU Batang. Skripsi Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN KH.Abdurrahman Wahid Pekalongan. Dr. M. Sugeng Sholehuddin, M.Ag, Kata Kunci: Model Pembelajaran Aktif tipe Quiz Team, Hasil belajar Penelitian ini dilatar belakangi banyaknya siswa yang kurang menyukai pembelajaran matematika karena pembelajaran yang disampaikan secara monoton, dan sering menggunakan metode ceramah. Hal ini menjadi permasalahan yang menyangkut mengenai kualitas pendidikan, akibatnya tidak mencapai tujuan pembelajaran yaitu menghambat kemampuan siswa untuk memahami materi sehingga nilai siswa banyak yang kurang dari KKM 70 . Rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut: 1) Seberapa besar hasil belajar matematika siswa kelas XI MA NU Batang ? 2)Apakah penerapan model pembelajaran aktif tipe quiz team berpengaruh terhadap hasil belajar siswa matematika kelas XI MA NU Batang? Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penerapan model pembelajaran aktif tipe quiz team terhadap hasil belajar matematika serta menganalisis apakah penerapan model pembelajaran aktif tipe quiz team berpengaruh terhadap hasil belajar matematika. Penelitian yang dilakukan di MA NU Batang dengan metode Pre eksperimental dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan one group desaign pretest dan posttest. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 25 siswa (total sampling) . Pengumpulan data menggunakan instrumen tes essay sebanyak 5 soal untuk pre-test dan post-test dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik uji prasyarat yakni uji normalitas, uji homogenitas, dan menggunakan uji hipotesis. Hasil dari penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran aktif tipe quiz team belajar matematika siswa kelas XI MA NU Batang. hasil penelitian menunjukkan rata – rata 50, 60 sedangkan data posttest diperoleh rata – rata 75,60. Untuk memastikan adakah peningkatan setelah melaksanakan treatment maka dapat dilihat tabel paired sampel test yang memiliki sig., 000 dan berdasarkan hasil uji t dengan > , dimana sebesar 15,811 sedangkan . Dapat disimpulkan pada penelitian ini ada peningkatan hasil belajar siswa penerapan model pembelajaran aktif tipe quiz team.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSholehuddin, SugengUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Aktif tipe Quiz Team, Hasil belajar
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 27 Nov 2023 09:35
Last Modified: 27 Nov 2023 09:35
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5158

Actions (login required)

View Item View Item