Implementasi pola asuh demokratis dalam membentuk kemandirian anak usia dini di Panti Asuhan Dewi Aminah Pekalongan Timur

Rohmah, Ziadatur (2018) Implementasi pola asuh demokratis dalam membentuk kemandirian anak usia dini di Panti Asuhan Dewi Aminah Pekalongan Timur. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Panti asuhan merupakan salah satu wadah atau tempat bagi anak yatim atau tidak berayah lagi (karena ditinggal mati) dan piatu atau sudah tidak berayah dan beribu lagi Di Indonesia lembaga ini dipelopori oleh organisasi keagamaan atau organisasi perorangan yang berfungsi untuk memberikan perlindungan terhadap hak-hak anak seperti yatim maupun piatu. Lembaga ini berperan selayaknya orang tua terhadap anak yaitu menjaga, mengasuh dan membimbing mereka agar bertanggung jawab serta memiliki akhlak yang baik agar bermanfaat dimasa depan. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah implementasi pola asuh demokratis dalam membentuk kemandirian anak usia dini di panti asuhan Dewi Aminah Pekalongan Timur, apa sajakah faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan kemandirian anak usia dini dipanti asuhan Dewi Aminah Pekalongan Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu suatu riset yang dilakukan di medan terjadinya gejala-gejala dengan pendekatan kualitatif, yaitu pendekatan yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek alami. Sedangkan Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu interview, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemandirian anak usia dini yang ada di Panti Asuhan Dewi Aminah Pekalongan Timur tersebut sudah baik, meskipun terdapat beberapa anak yang cenderung belum bisa mandiri pada masa awal mereka masuk ke panti asuhan tersebut. Namun seiring berjalanya waktu karena kebiasaan-kebiasaan yang mereka lakukan akhirnya perkembangan merekapun semakin nampak. Sementara itu dalam implementasi pola asuh demokratis dalam membentuk kemandirian anak pun juga namapak, dari pemilihan pola asuh yang diterapkan pun sudah terlihat perbedaan kemandirian antara ketika sudah mengunakan pola asuh demokratis ini dan ketika sebelum mengunakan pola asuh demokratis ini. Adapun faktor pendukung dalam pembentukan kemandirian anak usia dini di panti asuhan adalah kematangan usia, kemampuan, tingkat perkembangan anak, rasa keingin tahuan yang tinggi, lingkungan dan pembawaan dari rumah. Faktor penghambatnya diantaranya adalah mencakup perasaan anak bahwa dirinya tidak disukai dan kecenderungan anak yang tidak membuka diri, serta pola asuh dan pendidikan karakter anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIndrawati, TrianaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Panti Asuhan, Pola Asuh Demokratis, Kemandirian, dan Anak Usia Dini
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 18 May 2020 03:22
Last Modified: 18 May 2020 03:22
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/516

Actions (login required)

View Item View Item