Faizah, Nurul (2023) Penerapan Metode Fun Teaching Dalam Pembelajaran PAI Kelas Siswa 5 Di SDIP Dhiyaul Fatihin Desa Krapyak Lor Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2317006_COVER_BAB I & BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
2317006_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Faizah, Nurul. 2023. .“Penerapan Metode Fun Teaching Dalam Pembelajaran PAI Siswa Kelas 5 Di SD Islam Plus Dhiyaul Fatihin Desa Krapyak Lor Kota Pekalongan”, skripsi Ffakultas tarbiyah dan ilmu keguruan jurusan pendidikan guru madrasah ibtidaiyah (PGMI) progam S-1 universitas Islam Negeri KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing: M. Yasin Abidin, M. Pd. Kata kunci: metode fun teaching, Pembelajaran PAI Metode fun teaching merupakan pembelajaran dengan cara menyenangkan. Metode fun teaching dalam pembelajaran ini mengandalkan kerja sama antara siswa dalam satu kelompok, dalam metode fun teaching, siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang masing –masing kelompok terdiri dari 4-5 anak. Metode ini diharapkan mampu memotivasi siswa dalam mengikuti pelajaran agar lebih berperan secara aktif dan meningkatkan kemampuannya dalam menguasai materi yang disampaikan oleh guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana perencanaan metode fun teaching dalam pembelajaran PAI siswa kelas 5 Di SD Islam Plus Dhiyaul Fatihin Desa Krapyak Lor Kota Pekalongan, (2) bagaimana pelaksanaan metode fun teaching dalam pembelajaran PAI siswa kelas 5 Di SD Islam Plus Dhiyaul Fatihin Desa Krapyak Lor Kota Pekalongan, (3) apa saja faktor pendukung dan penghambat keberhasilan penerpan metode fun teaching dalam pembelajaran PAI siswa kelas 5 Di SD Islam Plus Dhiyaul Fatihin Desa Krapyak Lor Kota Pekalongan. Sedangkan tujuan dalam penelitian ini untuk (1) mengetahui perencanaan metode fun teaching dalam pembelajaran PAI siswa kelas 5 Di SD Islam Plus Dhiyaul Fatihin Desa Krapyak Lor Kota Pekalongan, (2) mengetahui pelaksanaan metode fun Krapyak Lor Kota Pekalongan, (3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat keberhasilan penerpan metode fun teaching dalam pembelajaran PAI siswa kelas 5 Di SD Islam Plus Dhiyaul Fatihin Desa Krapyak Lor Kota Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian lapangan (field research). Ada dua sumber data yabg ada pada penelitian ini yaitu sumber data primer dan sumber data sukender. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dan analisi data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan tentang penerapan metode fun teaching dalam pembelajaran PAI siswa kelas 5 Di SD Islam Plus Dhiyaul Fatihin Desa Krapyak Lor Kota Pekalongan dapat dikatakan sudah baik. Pada perencanaan pembelajaran, guru menyiapkan RPP terlebih dahulu dan menyiapkan media atau alat peraga berupa kertas, kartu, papan, gambar dan lain-lain. Pada pelaksanaan metode fun teaching, guru telah menggunakan dua tipe dari metode fun teaching yaitu Talking Stik dan Teams Games Tournamnet (TGT). Adapun faktor pendukung dan penghambat metode fun teaching, yaitu faktor pendukung: (1) kesiapan guru, (2) kesiapan siswa, dan (4) variasi jenis-jenis metode fun teaching. Sedangkan faktor penghambat: (1) siswa susah diatur, (2) suasana tidak kondusif, (3) kurangnya media/alat, dan (40 membutuhkan waktu lama.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: metode fun teaching, Pembelajaran PAI | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 28 Nov 2023 08:47 | ||||||||
Last Modified: | 28 Nov 2023 08:47 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5258 |
Actions (login required)
View Item |