Kemala, Iffa (2018) Upaya meningkatkan kemampuan sosial anak melalui permainan outdoor (fun game) Pada Kelompok Alif Satuan PAUD Sejenis (SPS) Zahrotul Wathon Karangjati Wiradesa Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Cover, Bab I - V.pdf Download (4MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Memberikan pengalaman sosial awal dalam pendidikan pra sekolah menjadi tugas guru ketika berada di sekolah dan menjadi tugas orang tua ketika berada di rumah. Banyaknya pengalaman sosial yang tidak menyenangkan diterima anak semasa kanak-kanak akan menimbulkan sikap yang kurang sehat terhadap pengalaman sosial anak dan terhadap orang lain pada umumnya. Kemampuan sosial anak Kelompok Alif SPS Zahrotul Wathon Karangajtati relatif kurang. Permasalahan ini disebabkan karena pembelajaran yang dilakukan setiap pada umumnya berlokasi di area indoor, kondisi alam dan lingkungan sekitar sebagai area outdoor kurang termanfaatkan oleh pendidik sebagai area bermain anak. Oleh karena ituperlu diadakannya stimulus yang lebih menarik untuk meningkatkan kemampuan sosial anak. Terkait hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sosial melalui permainan outdoor (fun game) pada Kelompok Alif Satuan Paud Sejenis (SPS) Zahrotul Wathon Karangjati Wiradesa Pekalongan. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1). Bagaimana kemampuan sosial anak kelompok Alif di SPS Zahrotul Wathon Karangjati Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan pada kondisi prasiklus? (2). Bagaimana peningkatan kemampuan sosial anak melalui permainan outdoor (fun game) pada kelompok Alif di SPS Zahrotul Wathon Karangjati Wiradesa Pekalongan? Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini anak usia 3-4 tahun yang tergabung dalam kelompok AlifSPS Zahrotul Wathon dengan jumlah Peserta didik yaitu 20 anak yang terdiri dari 14 peserta didik perempuan dan 6 peserta didik laki-laki. Metode pengumpulan datayang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Data dianalisis secara kuantitatifdeskriptif dan analisiskualitatifdeskriptif. Hasil penelitian kemampuan sosial anak sebeelum diadakannya permainan outdoor (fun game) terdapat 21,2%. Setelah dilakukan siklus I menunjukkan adanya peningkatan kemampuan sosial anak yaitu terdapat 56,2% dan pada siklus II kemampuan sosial anak menjadi 83,7%. Berdasarkan data tersebut dapat ditarik kesimpulan melalui permainan outdoor (fun game)dapat meningkatkan kemampuan sosial anak kelompok AlifSPS Zahrotul Wathon.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | kemampuan sosial, permainan outdoor | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||||||||
Depositing User: | Nurul Izzah | ||||||||
Date Deposited: | 18 May 2020 03:45 | ||||||||
Last Modified: | 18 May 2020 03:45 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/530 |
Actions (login required)
View Item |