Aeni, Shafira Nur (2023) Pengaruh Pembelajaran Al-Qur'an Hadits Terhadap Moral Peserta Didik Kelas XI di MA Negeri Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2119079_COVER_BAB I & BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
2119079_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Islam berisi ajaran hidup yang sempurna bagi manusia dan membawa petunjuk yang mengarahkan umat manusia menuju kebahagiaan dan kesejahteraan. Dasar-dasar dan norma-norma dalam Islam dapat ditemukan melalui petunjuk al-qur’an dan hadis. Ajaran Islam yang terkandung dalam al-qur’an merupakan wahyu dari Allah sebagai pedoman hidup manusia dalam kehidupan. Pembelajaran al-qur’an hadis merupakan bagian dari pendidikan Islam dengan tujuan agar peserta didik dapat memahami, memiliki keterampilan dalam melaksanakan, dan mengamalkan isi kandungan al-qur’an hadis melalui kegiatan pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana pembelajaran al-qur’an hadits peserta didik kelas XI di MA Negeri Batang? Bagaimana moral peserta didik kelas XI di MA Negeri Batang? Bagaimana pengaruh pembelajaran al-qur’an hadits terhadap moral peserta didik kelas XI di MA Negeri Batang? Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pembelajaran al-qur’an hadits dan moral peserta didik kelas XI di MA Negeri Batang serta menjelaskan pengaruh pembelajaran al-qur’an hadits terhadap moral peserta didik kelas XI di MA Negeri Batang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rata-rata nilai pembelajaran al-qur’an hadits peserta didik kelas XI di MA Negeri Batang adalah 90,1 berada pada interval 84,861-95,339. Rata-rata nilai moral peserta didik kelas XI di MA Negeri Batang adalah 145,8 berada pada interval 135,609-155,991. Nilai kedua variabel ini termasuk dalam kategori sedang. Pengaruh pembelajaran al-qur’an hadits terhadap moral peserta didik kelas XI di MA Negeri Batang dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05 dan didapatkan nilai thitung=10.309, dengan taraf signifikansi 5% didapatkan nilai ttabel=2.001, thitung>ttabel (10.810>2.001), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara pembelajaran al-qur’an hadits terhadap moral peserta didik di MA Negeri Batang. Besar pengaruh variabel pembelajaran al-qur’an hadits sebesar 66,8% terhadap variabel moral peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran al-qur’an hadits, moral peserta didik. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 29 Feb 2024 03:40 | ||||||||
Last Modified: | 29 Feb 2024 03:40 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5338 |
Actions (login required)
View Item |