Sofiani, Muna (2023) Efektivitas penggunaan metode takrir berbantu media papan tempel ayat al-qur’an terhadap keterampilan menghafal surah al-fil pada siswa kelas III Di MI NU Rowolaku Kajen Dan MIM Delegtukang Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2318210_COVER_BAB I & BAB V-1.pdf Download (3MB) |
|
Text
2318210_FULL TEXT-1.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Menghafal juga dikenal sebagai memori dan mempelajarinya melibatkan psikologi kognitif khususnya peran manusia sebagai pengolah informasi tidak menutup kemungkinan keseluruhan siswa di MI NU Rowolaku Kajen dan MIM Delegtukang masih terdapat peserta didik yang kurang bersungghuh-sungguh dalam menghafal yang dikarenakan metode menghafal pada pembelajaran AlQur’an Hadits masih menggunakan metode ceramah sehingga peserta didik jenuh dan kurang bersemangat dalam menghafalkan. ada tiga proses dalam memori yaitu merekam, menyimpan, dan mengambil informasi. Rumusan masalah pada skripsi ini yaitu: 1. Bagaimana efektivitas penggunaan metode takrir berbantu media papan tempel ayat Al-Qur’an terhadap keterampilan menghafal surah Al-Fil pada siswa kelas III di MI NU Rowolaku Kajen dan MIM Delegtukang Wiradesa Kabupaten Pekalongan?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode takrir berbantu media papan tempel ayat Al-Qur’an terhadap keterampilan menghafal surah Al-Fil pada Siswa Kelas III MI NU Rowolaku Kajen dan MIM Delegtukang Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian True Experimental Design dengan bentuk design Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian dilakukan di MI NU Rowolaku Kajen dan MIM Delegtukang Wiradesa Kabupaten Pekalongan dengan teknik pengambilan sampel sampling purposive. Teknik analisis data dengan Uji Independent T-test. Populasi yang diteliti adalah peserta didik kelas III di MI NU Rowolaku Kajen dengan jumlah 27 siswa dan MIM Delegtukang dengan jumlah peserta didik 25 peserta didik. metode pengumpulan data dilakukan peneltiian langsung yaitu: observasi, Tes, Dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Dari hasil uji T independent didapatkan nilai signifikansi atau nilai p value 0,000 < 0,05 dapat disimpulkan bahwa Ho diterima dan Ha ditolak yang berarti bahwa ada perbedaan rata-rata nilai belajar pretest MI NU Rowolaku Kajen (Eksperimen) dan MI Muhammadiyah Delegtukang Wiradesa (kontrol). hasil perhitungan pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 0.71 dan rata- xiii rata posttest kelas kontrol sebesar sehingga diperoleh gain 0,71 > 0,7 yang memiliki peningkatan hasil belajar dengan kriteria nilai gain tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode takrir, media papan tempel ayat al-qur’an, keterampilan menghafal | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 29 Nov 2023 03:53 | ||||||||
Last Modified: | 20 Feb 2024 09:15 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5377 |
Actions (login required)
View Item |