Wildania, Fida Fatkha (2023) Pengaruh keharmonisan keluarga terhadap motivasi belajar kelas 5 di MIM Kauman Wiradesa. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2319218_fida fatkha wildania_COVER-BAB 1- BAB I-BAB V-DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (1MB) |
|
Text
fida fatkha wildania_2319218_full skripsi.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Ditemukan fenomena bahwa sebagian siswa kelas 5MIM Kauman Wiradesa berasal dari keluarga yang kurang harmonis. Maksud dari keharmonisan disini yaitu kurangnya aspek-aspek atau kriteria dalam keharmonisan keluarga seperti menciptakan kehidupan beragama dalam keluarga, mempunyai waktu bersama keluarga, mempunyai komunikasi yang baik antar anggota keluarga, saling menghargai antar sesama anggota keluarga, kualitas dan kuantitas konflik yang minim dan adanya hubungan atau ikatan yang erat antar anggota keluarga. Keluarga merupakan lingkungan pertama dan utama bagi pendidikan anak. Karena sejak kecil, anak hidup, tumbuh dan berkembang di dalam keluarga, serta keluarga itu pula yang mengisi pribasi anak. Dengan demikian, dapat disadari pentingnya peranan keluarga sebagai kepribadian anak. Berdasarkan latar belakang di atas, maka peneliti akan memaparkan beberapa masalah yaitu: 1) Apakah ada pengaruh antara keharmonisan keluarga dengan motivasi belajar? 2) Seberapa besar pengaruh keharmonisan keluarga terhadap motivasi belajar? Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 5 MIM Kauman Wiradesa Pekalongan dengan sampel 75. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dengan pengukuran skala likert. Teknis analisis data dengan menggunakan analisis regersi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan: Terdapat pengaruh anatara variabel X dan Y yaitu Keharmonisan Keluarga terhadap motivasi belajar kelas 5 di MIM Kauman Wiradesa Pekalongan. Nilai signifikan 0,000 < 0,05 (signifikansi pada delta 5%) dan nilai thitung 3,228 > 1,888. Maka dapat disimpulkan bahwa variabel keharmonisan keluarga berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar sehingga H1 diterima dan Ho ditolak.Berdasarkan hasil R Square (R2 ) diperoleh hasil sebesar 0,125, artinya presentase sumbangan dari pengaruh variabel keharmonisan keluarga (X) terhadap variabel motivasi belajar (Y) sebesar 12,5% sedangkan 87,5% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model penelitian ini. Dapat disimpulkan bahwa keharmonisan keluarga memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Keharmonisan, keluarga, motivasi belajar, siswa kelas | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 29 Nov 2023 10:11 | ||||||||
Last Modified: | 20 Feb 2024 04:42 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5416 |
Actions (login required)
View Item |