Upaya meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran al-qur'an hadits materi hadits tentang amal shalih dengan metode peta konsep pada siswa kelas VI di MIS Sidorejo Tirto Pekalongan tahun pelajaran 2013/2014

Hayati, Nur (2014) Upaya meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran al-qur'an hadits materi hadits tentang amal shalih dengan metode peta konsep pada siswa kelas VI di MIS Sidorejo Tirto Pekalongan tahun pelajaran 2013/2014. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Other (Thesis)
2021311030 NUR HAYATI BAB I, V DAN LAMP.PDF

Download (7MB)
[img] Other (Thesis)
2021311030 NUR HAYATI FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (15MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pengembangan metode peta konsep yang berfungsi dalam meningkatkan penguasaąn dan juga pemahaman materi berguna untuk mengetahui tingkat keberhasilan dalam pengajaran hasil pengembangan. Ini diharapkan bisa bermanfaat untuk menguji efektifitas penerapan metode peta konsep terhadap peningkatan kemampuan pendidikan AI-Qur'an Hadits serta mengontrol pemahaman siswa melalui metode tersebut. Maka penulis mencoba untuk mengkaji dan juga meneliti pembelajaran Al-Qur'an Hadits melalui peta konsep khususnya berkenaan dengan peningkatan prestasi belajar siswa di MIS Sidorejo Tirto Kabupaten Pekalongan. Rumusan masalah penelitian ini adalah: Bagaimana meningkatkan prestasi belajar Al-Qur'an Hadits materi tentang amal shalih melalui metode Peta Konsep pada siswa Kelas VI MIS Sidorejo Tirto Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2013/2014? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan Al-Qur'an Hadits materi tentang amal shalih melalui metode Peta Konsep pada siswa Kelas VI MIS Sidorejo Tirto Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2013/2014 subyek penelitian ini adalah siswa kelas VI yang berjumlah 40 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam tiga siklus. Tindakan setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan datanya menggunakan tes praktik,dan dokumentasi. Data dianalisis dengan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: menunjukkan bahwa: restasi belajar pada siklus I menunjukkan ketuntasan belajar 65 % artinya dari siswa, yang sudah tuntas 26 siswa, pada siklus II ketuntasan belajar 75 % artiny dari 40 siswa, yang sudah tuntas 35 siswa, dan pada siklus III ketuntasan belajar 100 % artinya dari 40 siswa, yang sudah tuntas 40 siswa, sehingga mengalami peningkatan 26 dari 40 siswa sudah tuntas dengan materi pembelajaran menjadi 40 siswa yang sudah tuntas. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa pernbelajaran dengan menggunakan metode peta konsep dapat meningkatkan pres belajar Al Qur' an Hadits siswa kelas VI MIS Sidorejo Kabupaten Pekalongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSholehuddin, M. SugengUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peta konsep, prestasi belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 30 Nov 2023 02:07
Last Modified: 30 Nov 2023 02:07
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5516

Actions (login required)

View Item View Item