Pengaruh pemanfaatan sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam (PAI) di SDN 05 Mulyoharjo Pemalang

Fahlevi Djunaidi, Muhammad Riza (2016) Pengaruh pemanfaatan sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam (PAI) di SDN 05 Mulyoharjo Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Other (Thesis)
2021311046 MUHAMMAD RIZA FAHLEVI DJUNAIDI BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (8MB)
[img] Other (Thesis)
2021311046 MUHAMMAD RIZA FAHLEVI DJUNAIDI BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (19MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pada dasarnya manusia dalam keberlangsungan hidupnya membutuhkan pendidikan, lembaga sekolah adalah salah satu lembaga formal untuk pembelajaran yang terarah, mengembangkan ilmu pengetahuan, pemahaman, keterampilan, sikap dan nilaİ yang mengantamya kedewasaan. memilih dan memanfaatkan sumber belajar secara efektif dan efisien sehingga mencapai tujuan pembelajaran secara optimal. Penelitian ini bertujuan unluk mengetahui pengaruh pemanfaatan sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam (PAI) di SD N 05 Mulyoharjo Pemalang pada tahun ajaran 2015/2016 dengan responden siswa-siswi kelas vi dan v. Penelitian ini menggunakan sampel 36 responden. Penelitıan ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu didasarkan pada pemakaian data-data, ada variabel operasionalitas, hipotesis, signifikan, secara statistik data diperoleh menggunakan sistem kode yang bisa dibuktikan berdasarkan pengukuran variabel-variabel yang dikuantitatifkan. Teknik pengolahan data dalam penelitiaı ini adalah menggunakan teknik statistik deskriptif, analisis regresi linier dan pengujian hipotesis. Statistik deskriptif digunakan untuk membantu menganalisis dan mendeskripsikan data yang terkumpul, sedangkan analisis regresi linier meliputi pengujian terhadap koefisİen regresi meliputi menghitung kesalahan standar estimasi, merumuskan hipotesis, menentukan nilai t dan membandingkan ttest dengan ttabel. Hasil Penelitian Menunjukkan bahwa Pemanfaatan sumber belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAD di SD N 05 Mulyoharjo Pemalang pada uji ttest dilihat dari tingkat signifikansi I % adalah 1,32719 (t test t hitung), dan tingkat signifikansi 5% adalah 1,32028 (t test t hitung ) disimpulkan pemanfaatan sumber belajartidak berpengaruh şecara signifikan terhadap prestasi belajarsiswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAT) di SD N 05 Mulyoharjo Pemalang ,

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSalafudin, SalafudinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan sumber belajar, prestasi belajar siswa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 30 Nov 2023 02:21
Last Modified: 30 Nov 2023 02:21
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5519

Actions (login required)

View Item View Item