Safitri, Diana (2023) Penerapan metode resitasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5a pada mata pelajaran tematik di MSI 08 Medono Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2319031_Cover_Bab 1 & Bab v.pdf Download (1MB) |
|
Text
2319031_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Metode resitasi sangat penting digunakan dalam proses belajar mengajar terutama pada mata pelajaran tematik. Hal ini problem yang ada di kelas 5A terdapat siswa ramai di kelas, siswa masih rendah dalam kognitifnya, siswa merasa malas dengan pembelajaran atau kegiatan belajar yang sedang berlangsung sehingga mengakibatkan siswa kurang mampu memahami apa yang disampaikan oleh guru dan dapat berpengaruh kepada kemampuan siswa. Oleh karena itu penggunaan metode resitasi penting pada mata pelajaran tematik. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan metode resitasi siswa kelas 5A pada mata pelajaran tematik di MSI 08 Medono Kota Pekalongan, dan (2) Bagaimana hasil belajar siswa kelas 5A dengan metode resitasi pada mata pelajaran tematik di MSI 08 Medono Kota Pekalongan. Sedangkan peneliti ini bertujuan untuk (1) Untuk mendeskripsikan penerapan metode resitasi siswa kelas 5A pada mata pelajaran tematik di MSI 08 Medono Kota Pekalongan, dan (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas 5A dengan metode resitasi pada mata pelajaran tematik di MSI 08 Medono Kota Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskripsi kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, obseravasi, dan dokumentasi. Sumber data berasal dari data primer, yaitu wali kelas 5A dan siswa kelas 5A. Serta data sekunder, yaitu kepala sekolah, guru mata pelajaran, orang tua siswa, dokumen, dan referensi yang relevan. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menujukkan bahwa, (1) penerapan metode resitasi siswa kelas 5A pada mata pelajaran tematik di MSI 08 Medono Kota Pekalongan meliputi 3 langkah-langkah yaitu fase pemberian tugas, fase pelaksanaan tugas, dan fase pertanggungjawaban tugas, dan (2) Hasil belajar siswa kelas 5A dengan metode resitasi pada mata pelajaran tematik di MSI 08 Medono Kota Pekalongan meliputi pemahaman konsep, keterampilan proses, dan sikap.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Penerapan, metode resitasi, hasil belajar siswa | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 01 Dec 2023 03:39 | ||||||||
Last Modified: | 19 Feb 2024 03:36 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5602 |
Actions (login required)
View Item |