Pengaruh Labelisasi Halal, Religiositas, Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Impor Dalam Kemasan (Studi Kasus Masyarakat Muslim Di Kabupaten Pekalongan)

kamilah, iffah (2023) Pengaruh Labelisasi Halal, Religiositas, Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Impor Dalam Kemasan (Studi Kasus Masyarakat Muslim Di Kabupaten Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
upload etheses bab123.pdf

Download (1MB)
[img] Text
upload etheses full.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

IFFAH KAMILAH. Pengaruh Labelisasi Halal, Religiositas dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Impor dalam Kemasan (Studi Kasus Masyarakat Muslim Di Kabupaten Pekalongan). Konsumsi adalah suatu bentuk tindakan ekonomi yang terjadi melalui penggunaan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumsi individu, yaitu faktor internal atau pribadi dan faktor eksternal atau lingkungan. Dalam Islam, barang konsumsi adalah barang yang kegunaannya mendatangkan kebaikan jasmani, moral, dan rohani bagi konsumen. Mengingat pesatnya perkembangan teknologi dan informasi dapat mengubah gaya hidup dan konsumsi seseorang, maka tak jarang aktivitas konsumen hanya ditujukan untuk mengikuti trend yang ada dan melengkapi gaya hidup yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data kuesioner dengan populasi masyarakat muslim di Kabupaten Pekalongan yang menggunakan sampel sebanyak 97 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan rumus lemeshow. Penelitian ini menggunakan metode analisis data uji regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya hidup berpengaruh siginfikan terhadap keputusan pembelian produk makanan impor dalam kemasan. Sedangkan labelisasi halal dan religiositas tidak berpengaruh signifikan terhadap produk makanan impor dalam kemasan. Kemudian secara simultan labelisasi halal, religiositas dan gaya hidup berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk makanan impor dalam kemasan. ABSTRACT IFFAH KAMILAH. The Influence of Halal Labeling, Religiosity and Lifestyle on Purchase Decisions of Imported Packaged Foods (Case Study of Muslim Communities in Pekalongan Regency). Consumption is a form of economic action that occurs through the use of goods and services to meet needs. The factors that influence individual consumption behavior are internal or personal factors and external or environmental factors. In Islam, consumer goods are goods whose use brings physical, moral, and spiritual goodness to consumers. Considering that the rapid development of technology and information can change a person's lifestyle and consumption, consumer activities are only intended to follow existing trends and complement lifestyles that are not really needed. The study used a quantitative approach using a questionnaire data collection method with a population of Muslim communities in Pekalongan Regency using a sample of 100 respondents. The sampling technique uses a purposive sampling method with the Lemeshow formula. This study uses the method of data analysis multiple linear regression test with the help of SPSS 25. The results of the study show that lifestyle has a significant effect on the decision to purchase packaged imported food products. Meanwhile, halal labeling and religiosity have no significant effect on packaged imported food products. Then simultaneously halal labeling, religiosity and lifestyle have a significant effect on the decision to purchase packaged imported food products.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisoryulia rosyida, wildaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Labelisasi Halal, Religiositas, Gaya Hidup, Keputusan Pembelian Produk Makanan Impor
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 01 Dec 2023 07:04
Last Modified: 01 Dec 2023 07:04
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5643

Actions (login required)

View Item View Item