Penerapan Metode Qiroati Dalam Membaca Al-Qur'an Dan Memahami Ilmu Tajwid Di TPQ Darussalam Kota Pekalongan

Sari, Umma Murti (2023) Penerapan Metode Qiroati Dalam Membaca Al-Qur'an Dan Memahami Ilmu Tajwid Di TPQ Darussalam Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2119348_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2119348_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh suatu pendidikan terdapat beberapa macam pembelajaran, salah satunya yaitu pembelajaran membaca Al-Qur’an. Kegiatan belajar – mengajar tidak terlepas dari beberapa komponen yang mendukung dalam dunia pendidikan, salah satunya adalah menggunakan metode pembelajaran. Metode adalah suatu cara yang digunakan oleh setiap guru dalam kegiatan belajar mengajar. Karena ketika mempelajari Al-Qur’an materi ilmu tajwid tidak dapat dipisahkan, hal tersebut melekat dan saling berkaitan. Supaya dalam kegiatan membaca Al-Qur’an dapat berjalan dengan baik, maka dibutuhkan metode cara cepat baca Al-Qur’an diantarannya adalah metode iqro’, tilawati nahdhiyah, yanbua, qiro’ati dan lain sebagainya. Untuk itu peneliti akan membahas salah satu metode yang digunakan dalam membaca Al-Qur’an dan memahami ilmu tajwid yaitu metode qiroati. Rumusan masalah dari peneliti adalah: bagaimana penerapan metode qiroati di TPQ Darussalam Kota Pekalongan ? dan apa saja faktor pendukung dan penghambat metode qiroati dalam membaca Al-Qur’an dan memahami ilmu tajwid di TPQ Darussalam Kota Pekalongan. Metode yang digunakan peneliti yaitu penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Tempat yang dijadikan objek penelitian adalah TPQ Darussalam Kota Pekalongan, yang menjadi subjek penelitian adalah Kepala TPQ, dan salah satu guru di TPQ Darusslam Kota Pekalongan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode qiroati sudah cukup baik, guru tidak hanya mengajarkan jilid tetapi juga memberikan materi ilmu tajwid, kegiaan pembelajaran menggunakan teknik klasikal dan individual, melakukan evaluasi baik tes dan nontes pada harian dan 4 bulan sekali serta adanya sidang tahsis bagi lulus gharib. Faktor pendukung adanya guru yang bersertifikat, minat orang tua, sarana perlengkapan pembelajaran, keuletan guru dan minat siswa. faktor penghambat yaitu kurangnya ruang kelas, kurangnya guru jilid gharib dan bencana rob

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRiyadi, RidhoUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Qiroati, Baca Al-Qur’an, Ilmu Tajwid
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 01 Dec 2023 08:26
Last Modified: 01 Dec 2023 08:26
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5675

Actions (login required)

View Item View Item