Implementasi strategi reading aloud pada pembelajaran al-qur’an hadist kelas III Di MIS NU Hasyim Asy’ari Desa Mesoyi Kecamatan Talun Kabupaten Pekalongan

Alatifiani, Zulfianti (2023) Implementasi strategi reading aloud pada pembelajaran al-qur’an hadist kelas III Di MIS NU Hasyim Asy’ari Desa Mesoyi Kecamatan Talun Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2317251_COVER BAB 1 DAN 5_DP.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2317251_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi banyaknya siswa yang kurang bisa dalam membaca Al-Qur‟an pada pembelajaran Al-Qur‟an hadist dikarenakan strategi yang kurang pas dalam proses pembelajara. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor dalah satunya kurangnya motivasi siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana implementasi straltegi realding aloud paldal pembelaljalraln Al -Qur‟aln Haldist kelals III di MIS NU Halsyim Alsy‟alri Desa Mesoyi Kecamatan Talun Kabupaten Pekalongan ? 2). Alpal saljal falktor penghalmbalt daln pendukung implementasi straltegi realding aloud paldal pembelaljalraln Al -Qur‟aln Haldist kelals III di MIS NU Halsyim Alsy‟alri Desa Mesoyi Kecamatan Talun Kabupaten Pekalongan ? Tujuan penelitian ini adalah : 1). Untuk mendeskripsikaln implementasi straltegi realding aloud paldal pembelaljalraln Al -Qur‟aln Haldist kelals III di MIS NU Halsyim Alsy‟alri Desa Mesoyi Kecamatan Talun Kabupaten Pekalongan. 2). Untuk mendeskripsikaln falktor penghalmbalt daln pendukung implementasi straltegi realding aloud paldal pembelaljalraln Al -Qur‟aln Haldist kelals III di MIS NU Halsyim Alsy‟alri Desa Mesoyi Kecamatan Talun Kabupaten Pekalongan. Jenis penelitialn ini aldalalh penelitialn lalpalngaln (field resealrch) yalng di lalkukaln di tempalt altalu lokalsi lalpalngaln. Sedangkan pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Dan dalam metode analisis data, dalam menganalisis data peneliti menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan Berdasarkan hasil penelitian beserta pembahasannya yang telah diuraikan pada bab-bab sebelumnya, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: Implementasi strategi reading aloud dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an pada pembelajaran Al-Qur‟an hadist kelas III di MIS NU Hasyim Asy‟ari Desa Mesoyi. Strategi reading aloud ini sudah dilaksanakan dengan baik, terlihat dari cara siswa dalam mengikuti pembelajaran melalui proses awal sampai penutup dengan baik. Dari penerapan strategi reading aloud pada pembelajaran Al-Qur‟an hadist ini, siswa akan lebih lancar dalam membaca sehingga dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa. Pembelajaran Al-Qur‟an hadist dimulai dengan perencanaan susah sesuai dengan apa yang dibuat oleh guru dengan membuar RPP menyiapkan metode dan media. Tahap yang kedua yaitu pelaksanaan proses pembelajaran yang sudah baik dilaksanakan, hal ini dapat dilihat karena adanya kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Serta tahap evaluasi. Pada tahap evaluasi guru mengarahkan siswa agar dapat mendengarkan, memerhatikan, mengajukan pertanyaan dan pendapat serta kecekatan peserta didik dalam mengangkat tangan, selain itu sikap peserta didik didorong untuk memerhatikan dan mendengarkan penjelasan materi dari guru. Faktor penghambat dalam implementasi strategi reading aloud pada pembelajaran Al-Qur‟an hadist kelas III di MIS NU Hasyim Asy‟ari Desa Mesoyi yaitu:1) Kurangnya motivasi siswa, 2) Pembagian waktu, 3) Rendahnya kemampuan kognitif siswa. Faktor pendukung dalam efektivitas strategi reading aloud dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an pada pembelajaran Al-Qur‟an hadist kelas III di MIS NU Hasyim Asy‟ari Desa Mesoyi yaitu: 1) Guru yang professional, 2) Ruang kelas yang memadai, 3) Buku panduan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRif'iyati, DianUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi reading aloud, pembelajaran al-qur’an hadist
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 04 Dec 2023 02:17
Last Modified: 20 Feb 2024 04:07
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5697

Actions (login required)

View Item View Item