Pengaruh intensitas keterlibatan orang tua dalam motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa di SD Muhammadiyah 02 Bendan Kota Pekalongan

Bahtiyar, Hafidz Alwi (2023) Pengaruh intensitas keterlibatan orang tua dalam motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa di SD Muhammadiyah 02 Bendan Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2317104_COVER BAB 1 DAN 5 -DP.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2317104_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingudur.ac.id/

Abstract

Orang tua berperan sangat penting dalam mendorong motivasi anaknya untuk meningkatkan hasil belajarnya. Motivasi sendiri merupakan dorongan, hasrat, kebutuhan seseorang untuk melakukan aktivitas tertentu. Sehingga motivasi dapat juga didefinisikan sebagai kekuatan yang mendorong arah dan ketetapan tindakan menuju suatu tujuan. Tujuan yang dimaksud dalam hal ini adalah hasil belajar atau prestasi siswa. Pada latar belakang yang ada peneliti membahas seputar permasalahan ini di SD Muhammadiyah 02 Bendan Kota Pekalongan. Untuk mengkaji ini peneliti memaparkan beberapa rumusan masalah, yaitu: 1) Bagaimana intensitas keterlibatan orang tua dalam motivasi belajar siswa di SD Muhammadiyah 02 Bendan Kota Pekalongan?, 2) Bagaimana prestasi belajar siswa di SD Muhammadiyah 02 Bendan Kota Pekalongan?, dan 3) Bagaimana pengaruh intensitas keterlibatan orang tua dalam motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar siswa di SD Muhammadiyah 02 Bendan Kota Pekalongan?., Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis intensitas keterlibatan orang tua dalam motivasi belajara siswa, menganalisis prestasi belajar siswa, dan menganalisis pengaruh intensitas keterlibatan orang tua dalam motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar siswa di SD Muhammadiyah 02 Bendan Kota Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Menggunakan sampel jenuh dari populasi kelas 5 di SD Muhammadiyah 02 Bendan Kota Pekalongan sejumlah 59 siswa. Untuk pengambilan datanya menggunakan angket untuk variabel X dan dokumentasi nilai UTS dari variable Y, serta analisis dimulai dari uji pendahuluan, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Intensitas keterlibatan orang tua dalam motivasi belajar siswa di SD Muhammadiyah 02 Bendan Kota Pekalongan dalam kategori sangat tinggi, 2) Prestasi belajar siswa di SD Muhammadiyah 02 Bendan Kota Pekalongan dalam kategori baik,dan 3) Adanya pengaruh intensitas keterlibatan orang tua dalam motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa di SD Muhammadiyah 02 Bendan Kota Pekalongan sebesar 36,5%.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSetyawan, M. Adin199209112019031014UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Keterlibatan orang tua, motivasi, prestasi belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 04 Dec 2023 01:55
Last Modified: 19 Feb 2024 03:11
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5701

Actions (login required)

View Item View Item