Amaliyah, Rosiyatul (2023) Implementasi metode pembiasaan keagamaan dalam mendukung religiusitas diri peserta didik SMK Nusantara 1 Comal Kabupaten Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2119040_COVER BAB 1 DAN 5_DP.pdf Download (2MB) |
|
Text
2119040_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya peserta didik SMK Nusantara 1 Comal yang tidak melaksanakan ibadah salat, kurangnya kedisiplinan seperti terlambat masuk sekolah dan lemahnya kejujuran seperti dalam mengerjakan ujian mereka terbiasa menyontek. Selain itu adanya kegiatan bullying secara perkataan dengan mengejek peserta diidk lain ataupun orang tuanya, juga kurangnya rasa hormat peserta didik terhadap gurunya. Maka dari itu sekolah dan guru memiliki peran penting dalam memperhatikan kualitas ibadah peserta didik dalam mendukung religiusitasnya. Berdasarkan latar belakang di atas, peneliti mendapati beberapa rumusan masalah, yaitu: bagaimana bentuk metode pembiasaan keagamaan di SMK Nusantara 1 Comal?, dan bagaimana hasil implementasi metode pembiasaan keagamaan dalam mendukung religiusitas diri peserta didik di SMK Nusantara 1 Comal?. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui bentuk metode pembiasaan keagamaan di SMK Nusantara 1 Comal, kondisi religiusitas peserta didik kelas X di SMK Nusantara 1 Comal, dan hasil dari implementasi metode pembiasaan keagamaan dalam mendukung religisuitas diri peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian kualitatif. Data dalam penulisannya menggunakan data primer dari SMK Nusantara 1 Comal dan data sekunder seperti jurnal, skripsi dan referensi buku. Sedangkan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Pada bab analisis dimulai dari tahap kondensasi data, penyajian data dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk metode pembiasaan keagamaan di SMK Nusantara 1 Comal yaitu: Tadarus Al-Qur‟an, Doa sebelum belajar dan sebelum pulang, Salat dzuhur berjamaah, Infaq, Doa bersama, PHBI. Kemudian kondisi religiusitas diri peserta didik kelas X SMK Nusantara 1 Comal dikategorikan baik karena telah memenuhi indikator religiusitas yang terbagi menjadi empat macam yaitu: Keyakinan, praktik ibadah, pengalaman, pengetahuan agama, konsekuensi atau pengamalan. Adapun hasil implementasi metode pembiasaan keagamaan di SMK Nusantara 1 Comal antara lain: Membentuk karakter, Terbiasa beribadah, Mendekatkan diri kepada Allah SWT, Menjadi pribadi yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode pembiasaan, religiusitas, peserta didik | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 04 Dec 2023 02:32 | ||||||||
Last Modified: | 06 Feb 2024 09:37 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5731 |
Actions (login required)
View Item |